Evaluasi Kinerja Bank Sampah " Sekar Arum " di Perumahan Wilis Indah II, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri

Pratama Sandi Alala, Agus Budianto

Abstract

Bank Sampah adalah tempat penerimaan sampah yang telah dipilih. Bank Sampah berdiri karena adanya pemikiran masyarakat untuk memperbaiki pengelolaan sampah, dengan melakukan inovasi tertentu. Peningkatan volume imbulan sampah menimbulkan permasalah pada kapasitas tempat pemrosesan akhir. Salah satu cara untuk mengelola sampah adalah dengan adanya bank sampah. Salah satu bank sampah yang ada di Kota Kediri adalah Bank Sampah Sekar Arum di perumahan Wilis Indah II, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Karakterisitik persampahan melalui bank sampah sekar arum di perumahan wilis indah II, kelurahan pojok, kecamatan mojoroto, kota kediri untuk jenis sampah yang dominan dikelola adalah plastik dan sampah kertas, dengan prosentase 86,5 persen, sedangkan sisanya sekitar 15,5 persen merupakan sampah jenis kaleng bekas. Timbulan rata-rata sampah kertas yaitu 589,7/kg untuk kertas 373,5/kg untuk plastik. Sampah yang berhasil direduksi pada bank sampah dengan jumlah nasabah rata-rata 130 orang memiliki jumlah penerimaan sampah sebesar 30,2 kg/bulan.

Keywords

Sampah; Kinerja Bank Sampah Sekar Arum; Perumahan Wilis Indah II; Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri

Full Text:

PDF

References

P. R. Indonesia, "Undang-undang republik indonesia nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah," Sekretariat Negara, Jakarta, 2008.

D. Asteria and H. Heruman, "Bank sampah sebagai alternatif strategi pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Tasikmalaya (Bank Sampah (Waste Banks) as an alternative of community-based waste management strategy in Tasikmalaya)," Jurnal Manusia dan Lingkungan, vol. 23, no. 1, pp. 136-141, 2016.

R. Bidullah, "PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM BERPERILAKU HIDUP BERSIH dan SEHAT (PHBS) MELALUI GERAKAN MORAL “PINASA” DI KABUPATEN BANGGAI," 2018.

Y. Nugraheni and A. Y. Widyaningrum, "Dinamika Sikap Warga atas Program CSR Bank Sampah Gunung Anyar Surabaya," Jurnal Studi Komunikasi, vol. 3, no. 1, pp. 41-56, 2019.

S. Haryanti, E. Gravitiani, and M. Wijaya, "Studi Penerapan Bank Sampah dalam Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kota Yogyakarta," Bioeksperimen: Jurnal Penelitian Biologi, vol. 6, no. 1, pp. 60-68, 2020.

P. A. Shentika, "Pengelolaan bank sampah di Kota Probolinggo," Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, vol. 8, no. 1, pp. 92-100, 2016.

P. A. A. Levi, "Gerakan Keadilan Lingkungan Studi Kasus Di Bank Sampah Gemah Ripah Dusun Badegan Bantul," Tersedia pada: http://eprints. uny. ac. id. Diakses, vol. 2, 2012.

B. Suwerda, "Bank Sampah (kajian teori dan penerapan)," Yogyakarta: Pustaka Rihama, 2012.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.