ANALISA PENGARUH PENAMBAHAN ENERGY SAVING DEVICE (ESD) PROPELLER BOSS CAP FIN (PBCF) TERHADAP PERFORMA PROPELLER B-SERIES PADA KAPAL RO-RO 600 GT

Renanda Bayu Harsi, Erifive Pranatal

Abstract


ESD atau Energy Saving Devices adalah berbagai jenis peralatan yang mengacu pada pada konsep tindakan atau metode untuk menghemat energi. Pada dunia perkapalan, ESD ada banyak macamnya seperti Becker Mewis Duct, Wake Equalising Duct, dan Propeller Boss Cap Fins (PBCF). PBCF merupakan penambahan sirip kecil di bagian belakang propeller atau lebih tepatnya pada bosscap dengan tujuan untuk memperkecil atau bahkan meniadakan hubvortex saat propeller beroperasi. Pada penelitian ini akan digunakan metode CFD melalui software ANSYS Students untuk mencari pengaruh terhadap gaya dorong dari pemasangan PBCF pada propeller B-Series B4-40 dengan menggunakan ukuran utama kapal RO-RO 600 GT sebagai acuan penentuan dimensi propeller. Variasi PBCF yang akan diuji dalam penelitian ini adalah variasi pitch angle dengan variasi sudut 25°, 30°, 35°, 40°, dan 45°. Hasil uji CFD melalui software ANSYS menunjukkan adanya penambahan dan penurunan performa dalam hal gaya dorong propeller dengan penambahan gaya dorong tertinggi dihasilkan oleh PBCF dengan sudut 45° yaitu 126160.6 N atau 0.09% dan penurunan terbesar dialami saat penambahan PBCF dengan sudut 25° yaitu sebesar 125486.7 N atau -0.45%.

ESD or Energy Saving Devices are various types of equipment that refer to the concept of actions or methods to save energy. In the world of shipping, there are many types of ESD such as Becker Mewis Duct, Wake Equalising Duct, and Propeller Boss Cap Fins (PBCF). PBCF is the addition of a small fin on the back of the propeller or more precisely on the boss cap with the aim of reducing or even eliminating the hub vortex when the propeller is operating. In this study, the CFD method will be used through the ANSYS Students software to find the effect on the thrust of the PBCF installation on the B-Series B4-40 propeller by using the main size of the RO-RO 600 GT ship as a reference for determining the dimensions of the propeller. The variation of PBCF that will be tested in this study is the pitch angle variation with angle variations of 25°, 30°, 35°, 40°, and 45°. The results of the CFD test through ANSYS software show that there is an increase and decrease in performance in terms of propeller thrust with the highest addition of thrust produced by PBCF with an angle of 45° which is 126160.6 N or 0.09% and the largest decrease is experienced when the addition of PBCF with an angle of 25° is 125486.7 N or -0.45%.


Keywords


Propeller Boss Cap Fins (PBCF);Pitch Angle;CFD;Gaya Dorong.

Full Text:

PDF

References


. Mewis, F., & Guiard, T. (2011). Mewis Duct ® – New Developments, Solutions and Conclusions. Second International Symposium on Marine Propulsors.

. Seo, J., Lee, S., Han, B., & Rhee, S.H. (2016). Influence of Design Parameter Variations for Propeller-Boss-Cap-Fins on Hub Vortex Reduction. Journal of Ship Research, 60, 203-218.

. Ichwansyah, I. (2019). Analisa Peningkatan Thrust Akibat Penerapan Energy Saving Device pada Kapal Perintis 500 DWT Menggunakan Metode CFD (COMPUTATION FLUID DYNAMIC). Jurnal Teknik Perkapalan, 7(3). Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/23827.

. Trimulyono, A., Manik, P., & Huda, N. (2013). PENGARUH PENGGUNAAN ENERGY SAVING DEVICE PADA PROPELLER B4 55 DENGAN METODE CFD. Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, 10(3), 147-153. https://doi.org/10.14710/kpl.v10i3.5624.

. Syafriansyah. (2016). Analisa Penggunaan Propeller Boss Cap Fins (PBCF) Terhadap Pengaruh Pembebanan Daya Main Engine Dalam Upaya Mendukung Program Eco Ship PT. Pertamina (Persero) Perkapalan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

. Ouchi, K., Tamashima, M., Kawasaki, T., & Koizuka, H. (1988). A Research and Development of PBCF (Propeller Boss Cap Fins). Journal of the Society of Naval Architects of Japan, 1989, 43-53.

. Mizzi, K., Demirel, Y.K., Banks, C., Turan, O., Kaklis, P.D., & Atlar, M. (2017). Design optimisation of Propeller Boss Cap Fins for enhanced propeller performance. Applied Ocean Research, 62, 210-222.

. Malingkas, D. G. A., Trimulyono, A., & Chrismianto, D. (2021). Optimasi Energy Saving Device (ESD) Propeller Boss Cap Fins (PBCF) dengan Metode Response Surface Method (RSM) terhadap Propeller INSEAN E779A. Jurnal Teknik Perkapalan, 9(3). Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/30365.

. Abar, I. A. C., & Utama, I. K. A. P. (2019). Effect of the incline angle of propeller boss cap fins (PBCF) on ship propeller performance. International Journal of Technology, 10(5), 1056–1064. https://doi.org/10.14716/ijtech.v10i5.2256.

. Kurniawan, A. T. E., Chrismianto, D., & Rindo, G. (2017). Analisa Perbandingan Penggunaan Energy Saving Device (ESD) Propeller Boss Cap Fin Pada Propeller Tipe B-Series Dengan Variasi Diameter Fin Menggunakan Metode CFD. Jurnal Teknik Perkapalan, 5(1). Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/16273

. Rosmani, dkk. (2013). Pengaruh bentuk lambung kapal Terhadap tahanan kapal, Proceeding Hasil Penelitian, Fakultas Teknik Universitas Hassannudin, ISBN: 978-979-127255-0-6.

. Pranatal, E., & Beu, M. (2018). Analisa CFD Penggunaan Duct pada Turbin Kombinasi Darrieus-Savonius. Jurnal IPTEK, 22(1), 63-70. https://doi.org/10.31284/j.iptek.2018.v22i1.239

. Pranatal, Erifive, and Renanda Bayu Harsi. "Numerical Study of The Airfoil Pitch Angle on The Darrieus-Savonius Combination Turbine." Journal of Applied Sciences, Management and Engineering Technology 2, no. 1 (2021): 39-45.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.j.2022.v1i1.4955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.