Penerapan K3 dan Mesin Penyaring Ampas Tahu guna Meningkatkan Keselamatan Kerja serta Kapasitas Produksi yang Berdampak pada Penjualan di UKM Tahu, Kediri

Dedy Kunhadi, Agung Rasmito, Titin Trimintarsih, Annastasya Boma Putri, Zhalsabillah Putri Cahyanti

Abstract

UKM Tahu Sidodadi merupakan usaha kecil yang memproduksi tahu kuning yang terletak di Kelurahan Tinalan, Kediri. Namun, hingga saat ini mereka masih memiliki beberapa permasalahan di bidang produksi pada proses penyaringan tahu yang masih manual sehingga waktu proses cukup lama. Permasalahan manajemen K3 belum diterapkan karena beberapa aktivitas proses produksi berpotensi terjadi kecelakaan kerja akibat cairan panas tahu pada proses penyaringan dan limbah cair yang mengalir, limbah padat (ampas) dan limbah cair belum dimanfaatkan secara maksimal untuk menjadi produk yang bernilai ekonomis, serta bidang pemasaran mitra masih belum memiliki strategi pemasaran yang tepat dan desain branding pada kemasan yang kurang menarik sehingga penjualan belum maksimal. Tujuan kegiatan ini yaitu meningkatkan produksi dengan penerapan teknologi tepat guna (TTG) mesin penyaring ampas tahu, mengurangi risiko kecelakaan kerja bagi karyawan dengan penerapan alat pelindung diri (APD), menambah penghasilan dan mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah melalui program pengolahan limbah dengan pembuatan pupuk organik dari limbah padat dan cair serta abu hasil pembakaran tungku pemanas, serta meningkatkan penjualan mitra melalui pelatihan strategi pemasaran yang tepat sasaran dan perbaikan branding kemasan agar lebih dikenal. Metode yang digunakan yaitu perancangan alat TTG mesin penyaring ampas tahu, workshop dan pelatihan penerapan K3, pelatihan pengolahan limbah, dan pelatihan merancang strategi pemasaran dan pembuatan desain label kemasan. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan waktu produksi yang makin cepat guna meningkatkan kapasitas produksi per hari akibat adanya TTG mesin penyaring ampas tahu semi otomatis, mitra telah menerapkan APD untuk mengurangi risiko kecelakaan kerja, mitra telah memiliki produk sampingan dari pengolahan limbah dan mengurangi pencemaran lingkungan, dan mitra telah memiliki strategi pemasaran dan branding produk serta meningkatkan penjualan sebesar 50%.

Keywords

K3; Limbah; Pemasaran; Tahu; TTG

Full Text:

PDF

References

Harjanto Ratri, T., Khasanah, M., Putri Rizkia Nur, A., (2022). Industri Tahu Rakyat dalam Tinjauan Life Cycle Assessment, Jurnal Pengendalian Pencemaran Lingkungan (JPPL), Vol.4 No.2, e-ISSN : 2686-6137 ; p-ISSN : 2686-6145.

Hindratmo, A., Kholili, N., & Dianto, K. A. (2022). PKM Pengolahan Limbah Tahu Berbasis Eco Friendly Manufacturing Dan Green Energy Pada Ukm Tahu Kediri. Prosiding PKM-CSR, Vol. 5, e-ISSN: 2655-3570.

Agtriani, N.N, & Prabawani, B. (2020). Analisis Proses Produksi Pada Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Tahu di Kelurahan Jomblang Berbasis Eko-Efisiensi (Studi Pada UKM Tahu Harapan Tenang Semarang), Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 9 No.2.

Trimintarsih, T., Hakulyaqien, MD., Hayati, K.R., Rahmawati, M. (2023). Analisis Faktor Kecelakaan Kerja Pada Rumah Industri Kampung Tahu Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional Waluyo Jatmiko UPN Veteran Jatim, Vol 16 pp 561-570, E-ISSN : 2830-0408.

Yudhistira, B., Andriani, M., Utami, R., (2016). Karakterisasi: Limbah Cair Industri Tahudengan Koagulan Yang Berbeda (Asam Asetat Dan Kalsium Sulfat), Caraka Tani – Journal of Sustainable Agriculture, Vol. 31 No. 2, Hal. 137-145.

Sato A., Utomo P., & Abineri B. S.H. (2015). Pengolahan Limbah Tahu Secara Anaerobik- Aerobik Kontinyu, Prosiding Seminar Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III, ISBN 978-602-98569-1-0.

Rasmito, A. Hutomo, AP Hartono. (2019). Pembuatan Pupuk Cair dengan Cra Fermentasi limbah Cair Tahu, starter filtrat Kulit Pisang dan Kubis, dan Bioaktivator ME4,Jurnal Iptek23 (1), 55-62.

Trimintarsih T. (2022). Pendampingan Pelaku Ekonomi Kreatif Dalam Menggunakan Aplikasi On Line guna Meningkatkan Penjualan Sambel Pecel Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Abdikmas, hal 90-97, p-ISSN : 2745-999.

Amir, S., Syaputra Agung, E., Syamsuddin, F., Putri Dwi Rosita, H., (2022). Branding Produk Sebagai Upaya Optimalisasi Pemasaran Produk Kerajinan Khas Kalimantan Di Pasar Inpres Kebun Sayur, Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, ISSN 2985-3648.

Saleh, H., Zulfikram, Z., Sibua A., Burahim, R., Tikilo, P.E., Jainal D., (2023). Redesain Kemasan Dalam Meningkatkan Brand Awareness Produk Unggulan Desa Galo-Galo, MENGABDI : Jurnal Hasil Kegiatan Bersama Masyarakat, Vol. 1 No. 6.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot