Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Media Pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Quran
Maftahatul Hakimah, Tukadi Tukadi, Rinci Kembang Hapsari, Hendro Nugroho, Dian Puspita Hapsari
Abstract
Perkembangan teknologi informasi saat ini memberikan kemudahan akses disegala bidang sekalipun pendidikan non formal seperti TPQ. Cara belajar yang menyenangkan menjadi tuntutan bagi para guru TPQ termasuk di TPQ Al-Fadlol agar para santri bisa memahami materi agama sehingga bisa diterapkan dalam rutinitas keseharian. Materi ibadah sehari-hari yang diajarkan di TPQ Al-Fadlol ini adalah doa sehari-hari, tuntunan shalat dan cerita islami. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan ini adalah menyajikan materi utama di TPQ Al-Fadlol dalam sebuah aplikasi yang diberi nama Muslim Daily Prayer sebagai media pembelajaran. Dengan aplikasi ini, para santri dan para guru bisa menciptakan suasana belajar yang tidak membosankan sehingga para santri lebih bersemangat belajar agama. Selain itu, sosialisasi terhadap pengaruh positif dan negatif dari adanya teknologi informasi ini diberikan untuk membekali para santri dan para guru agar lebih bijak dalam menggunakannya.
Keywords
Muslim Daily Prayer; Teknologi Informasi; Media Pembelajaran
References
Ameliola, Syifa & Nugraha, Hanggara Dwiyudha. (2013). Perkembangan Media Informasi Dan Teknologi Terhadap Anak Dalam Era Globalisasi. Prosiding 5 th International Conference On Indonesian Studies:”Ethnicity and Globalization”, 362-371.
Anonim. (2019). Taman Pendidikan Al-Quran. Diambil 23 Juli 2019, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Pendidikan_Al-Qur%27an.
Budiman, Haris. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Tadzkiyah, Jurnal Pendidan Islam Volume 8 No.1 2017. 31-43.
Muhson, Ali. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII No.2 Tahun 2010, 1 – 10.
Nurseto, Tejo. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Volume 8 Nomor 1, April 2011, 19-35.