Strategi Pengenalan Membaca Phonics Method dalam Pengabdian kepada Masyarakat di Jakarta Selatan
Abstract
Tujuan dilaksanakannya pengabdian masyarakat ini yaitu untuk menjelaskan bagaimana strategi pengenalan membaca kosakata bahasa Inggris melalui metode phonics bagi Guru di wilayah Jagakarsa Jakarta Selatan semester Gasal 2018/2019 dan menjelaskan produk luaran yang dihasilkan melalui strategi phonics dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini. Metode phonics merupakan salah satu metode membaca yakni “Para guru mengajarkan siswa bagaimana bunyi-bunyi huruf itu maupun mencampur bunyi-bunyi secara bersama-sama untuk membentuk kata dan metode bunyi (phonics method) merupakan suatu teknik belajar membaca yang menekankan pada bunyi (lafal pengucapan) yang dihasilkan oleh huruf-huruf yang terdapat di dalam kata (bunyi semacam itu dapat berbeda dari nama-nama huruf ini, seperti dalam bahasa Inggris ketika bunyi huruf c [si] tidak sesuai dengan pengucapan kata [cat].” Selain itu, kelebihan metode ini adalah memudahkan siswa membuat hubungan otomatis antara kata dan bunyi, siswa dapat membunyikan dan membacanya sendiri. Pembelajaran bahasa Inggris menggunakan instruksi phonics lebih efektif daripada belajar membaca tanpa instruksi phonics. Mengacu pada hal tersebut disarankan bahwa bagi sekolah diharapkan mampu mengarahkan guru untuk menggunakan metode atau strategi pembelajaran yang mempu menarik antusias siswa dalam belajar serta menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan. Bagi guru, ketika pembelajaran berlangsung diharapkan ada dua orang guru atau lebih untuk mengondisikan serta diharapkan guru berbicara secara tepat dan lantang ketika pembunyian huruf phonics sehingga siswa mampu mendengar dengan jelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Attwell, G. (2007). Personal Learning Environments - the future of eLearning? ELearning Papers, 2(January), 1–8. http://doi.org/10.1080/19415257.2011.643130
Colla, G. (2001). Rainbow Solfege: A Color-Phonic Approach. Teaching Music, 9(2), 32–37.
Cologon, K., Cupples, L., & Wyver, S. (2011). Effects of targeted reading instruction on phonological awareness and phonic decoding in children with Down syndrome. American Journal on Intellectual and Developmental Disabilities. http://doi.org/10.1352/1944-7558-116.2.111
Connelly, V. (2002). Graphophonemic awareness in adults after instruction in phonic generalisations. Learning and Instruction, 12(6), 627–649. http://doi.org/10.1016/S0959-4752(01)00034-2
Fridani, L. (2014). Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. Metode Pengembangan Bahasa, 1–28.
Gates, L., & Yale, I. (2011). A Logical Letter-Sound System in Five Phonic Generalizations. The Reading Teacher, 64(5), 330–339. http://doi.org/10.1598/RT.64.5.3
Hendriansyah, D., Milyartini, R., Kurdita, E., Pendidikan, J., Fakultas, S. M., Bahasa, P., & Seni, D. (2013). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN ORNAMEN SULING LUBANG ENAM (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 4 Subang). Penerapan Metode Tutor Sebaya…, 1(3).
Jung, C. G., Baynes, H. G., & Beebe, J. (2016). Psychological types. Psychological Types. http://doi.org/10.4324/9781315512334
Lana-Peixoto, M. A., & Teixeira, A. L. (2002). Simple phonic tic in multiple sclerosis. Multiple Sclerosis, 8(6), 510–511. http://doi.org/10.1191/1352458502ms829oa
Mulyana, T. (2008). Pembelajaran Analitik Sintetik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa sekolah Menengah Atas. Educationist, III(1), 43–48.
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record. http://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x
Siqueira, V. S. De, Cortez, P. A., Kelly, J., Sobrinho, C., & Rocha, M. L. (2016). ABECE : An Application for Initial Literacy though the Phonic Method. International Journal of E-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 6(2), 84–90. http://doi.org/10.17706/ijeeee.2016.6.2.84-90
Wyse, D., & Goswami, U. (2008). Synthetic phonics and the teaching of reading. British Educational Research Journal, 34(6), 691–710. http://doi.org/10.1080/01411920802268912
Refbacks
- There are currently no refbacks.