Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif dengan Memaksimalkan PowerPoint bagi Guru SDN Kemayoran 1 Bangkalan

Lestari Retnawati, Nia Saurina, Firman Hadi Sukma Pratama, Nonot Wisnu Karyanto, Noven Indra Prasetiya

Abstract

Pendidikan sekolah dasar merupakan.bagian dari sistem pendidikan nasional yang mempunyai peranan sangat penting dalam menggali dan meningkatkan potensi anak sedini mungkin, termasuk di SDN Kemayoran 1 Bangkalan. Sekolah dasar merupakan lembaga pendidikan yang diperuntukkan bagi anak usia 6–12 tahun agar anak memiliki kemampuan dasar, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tahap awal untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Karena peranan penting ini, kemampuan guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kemayoran 1 Bangkalan dalam membuat sebuah media pembelajaran yang menarik minat siswa menjadi kunci dalam keberhasilan proses belajar mengajar dalam sekolah ini.  Karakter siswa SDN Kemayoran 1 Bangkalan yang masih senang bermain merupakan tantangan bagi para guru. Dengan demikian, dibutuhkan kreativitas dalam membuat media pembelajaran yang menarik minat siswa sekolah dasar untuk memperhatikan. Ketika guru sekolah dasar hanya menulis di papan tulis atau menampilkan slide presentasi dengan banyak tulisan, hal tersebut bisa membuat tujuan pembelajaran dari sebuah materi tidak tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu, seorang guru sekolah dasar membutuhkan tambahan pengetahuan untuk membuat media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Media pembelajaran berbentuk video dengan memaksimalkan PowerPoint bisa menjadi solusi untuk membuat media pembelajaran yang menarik bagi siswa sekolah dasar di SDN Kemayoran 1 Bangkalan. Melalui pelatihan pembuatan video pembelajaran interaktif dengan memaksimalkan PowerPoint ini diharapkan para guru di SDN Kemayoran 1 Bangkalan dapat menambah ilmu pengetahuan dalam memaksimalkan PowerPoint sehingga proses belajar mengajar bisa dilakukan dengan efektif.

Keywords

Guru sekolah dasar; Media pembelajaran; PowerPoint; Video pembelajaran interaktif

Full Text:

PDF

References

P. W. T. L. M. Henri Septanto, “Pelatihan Microsoft Excel Tingkat Menengah Untuk Guru-guru SD Taruna Bakti Bandung,” ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. Vol. 1 No. 1, 2020.

Sarwiji Suwandi, “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ABAD KE-21 DAN TANTANGANNYA UNTUK BERPERAN DALAM MASYARAKAT 5.0,” in PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, Jan. 2020.

M. Sc. , Drs. R. R. M. Sc. , A. H. M. Sc. , C. A. S. , H. Dr. Arief S. Sadiman, Media pendidikan : pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya, Rajagrafindo Persada., vol. Cetakan ke-18. Depok : 978-979-769-474-6, 2018.

Azhar. Arsyad, Media Pembelajaran. , vol. 1. Jakarta: Jakarta: PT Raja grafindo persada, 2011.

N. R. A. Sujana, Media pengajaran (penggunaan dan pembuatannya), Sinar Baru. Bandung , 1991.

M. & L. W. . Hauff, “Hauff, Mechthild & LaaEducational Video and TV in DistanceEducation – Production and Design Aspects.,” Journal of Universal Computer Science, vol. 2, no. 6, pp. 456–473, 1996.

Y. Yilmazel‐Sahin, “A comparison of graduate and undergraduate teacher education students’ perceptions of their instructors’ use of Microsoft PowerPoint,” Technology, Pedagogy and Education, vol. 18, no. 3, pp. 361–380, Oct. 2009, doi: 10.1080/14759390903335866.

Andi Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta, 2011.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta: 979-518-823-2, 2006.

Smaldino dkk, Media Pembelajaran. 2008.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.