Pengenalan dan Pemanfaatan Ilmu Coding untuk Melatih Kemampuan Berpikir bagi Guru dan Peserta Didik

M. Nishom, Ginanjar Wiro Sasmito, Dega Surono Wibowo

Abstract

Kemampuan bepikir yang baik merupakan salah satu aspek atau kompetensi penting yang harus dimiliki oleh setiap insan untuk bersiap dalam menghadapi masa depan yang penuh dengan tantangan. Banyak cara yang dapat digunakan untuk melatih cara berpikir, salah satunya adalah dengan belajar ilmu coding. Kegiatan pengabdian masyarakat ini mengenalkan ilmu coding pada peserta didik dan guru sebagai alternatif untuk melatih kemampuan berpikir mereka. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan menggunakan dua metode, yaitu discovery learning untuk mengajak para peseta didik dan guru dalam menggunakan logika dan algoritma guna menyelesaikan suatu masalah secara terstruktur dan sistematis serta cooperative learning untuk melatih kerja sama dan interaksi antar-peserta didik selama melakukan pengodean dan pembuatan aplikasi. Hasil yang didapatkan oleh peserta dari pengabdian ini adalah mereka mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru dalam melatih cara berpikir melalui belajar ilmu coding. Kegiatan ini juga mendapatkan respons positif dari mayoritas peserta kegiatan.

Keywords

Cara berpikir; Coding; Pemrograman; Pengabdian masyarakat

Full Text:

PDF

References

Adam, “Edukasi Coding, Kemendikbud Ajak Guru-Siswa Buat Aplikasi,” 2019. https://www.itworks.id/20359/edukasi-coding-kemendikbud-ajak-guru-siswa-buat-aplikasi.html (Accessed Jun. 9, 2022).

S. P. Rahayu, B. Wijayanto, I. Permadi, A. K. Nugroho, D. K. Achmadi and V. A. Sugianto, “Unplugged Coding: Pembelajaran Pemrograman Untuk Siswa Dengan Eterbatasan Akses Terhadap Komputer Dan Jaringan Internet,” in Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan XI, Purwokerto, 2021.

YeaRimDang, Why? Software and Coding, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2020.

A. Akbar, DIGITAL EKOSISTEM, Jakarta: Republika Penerbit, 2018.

Kompas, “Pengertian Coding dan Manfaatnya,” 2021. https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/18/090000569/pengertian-coding-dan-manfaatnya?page=all (Accessed Jun. 9, 2022).

E. Indrrajit, “Manfaat dari CODING bagi Peserta Didik (Prof. Richardus Eko Indrajit),” 2019. https://www.youtube.com/watch?v=MFuZNzizauM (Accessed Jun. 9, 2022).

S. Wahyuni, F. H. Rachman and Y. F. Hendrawan, “Pembekalan Pemrograman Dasar Komputer bagi Guru TIK dan Siswa Terpilih di Tiga Mitra SMA Kabupaten Bangkalan,” Indonesian Journal of Community Engagement, vol. 2, no. 1, pp. 111-123, 2016.

B. Firmansyah, A. P. Nur, F. Angellia, W. Cahya and A. S. Akbar, “Pengenalan Coding Bagi Usia Sekolah Menggunakan Aplikasi SHINIBIK (Shinhan University dan IBI Kosgoro 1957) Bagi Murid Sekolah Dasar Negeri 11 Lenteng Agung Jakarta Selatan,” JURNAL PENGABDIAN TERATAI, vol. 1, no. 1, pp. 35-51, 2020.

H. İ. HASESKİ, U. İLİC and U. TUĞTEKİN, “Defining a New 21st Century Skill-Computational Thinking: Concepts and Trends,” International Education Studies, vol. 11, no. 4, p. 29, 2018.

V. Siahaan and R. H. Sianipar, Pemrograman Java: Cookbook, Jakarta: Sparta Publisher, 2018.

M. C. C. Utomo, M. G. L. Putra and G. A. F. Alfarisy, “PELATIHAN SCRATCH CODING FOR KIDS DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN DIGITAL DAN STORYTELLING DI SDN 017 BALIKPAPAN,” SEPAKAT, vol. 1, no. 1, pp. 1-5, 2019.

N. L. Husni, I. Lutfi, A. Amperawan, M. Anisah and A. S. Handayani, “MEMPERKENALKAN CODING ARDUINO UNTUK SISWA SMPIT HARAPAN MULIA PALEMBANG,” Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 77-85, 2021.

E. Lutfina and A. K. Wardhani, “Pengenalan Dan Pelatihan Pemrograman Berbasis Blok Bagi Anak,” Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 107-111, 2020.

R. Safitri, A. Jamal, E. Ripmiatin, D. Hermawan and A. Supriyanto, “PENGENALAN DAN PELATIHAN PEMROGRAMAN DASAR BLOCKLY KEPADA SISWA SMA AL AZHAR 1, 2 DAN 3,” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 1-6, 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.