Hibah Desain Rumah Bonggol Jagung bagi Masyarakat Pamekaran, Rancakalong, Sumedang

Anwar Subkiman, Agung Pramudya

Abstract

Desa Pamekaran, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang, dengan bentang alam yang berbukit-bukit dan ladang jagung yang luas mempunyai potensi untuk dapat dikembangkan menjadi tujuan wisata baru. Produk jagung yang melimpah setiap tahunnya juga menghasilkan limbah bonggol jagung yang dapat dimanfaatkan menjadi berbagai produk bernilai. Penelitian yang berkaitan dengan eksplorasi bonggol jagung diimplementasikan dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani jagung di Pamekaran dengan mengembangkan Wisata Edukasi Jagung. Salah satu kebutuhannya adalah fasilitas akomodasi seperti homestay atau glamping house sederhana bagi para wisatawan. Untuk itu, hibah prototipe desain Rumah Bonggol Jagung ini ditujukan bagi masyarakat Pamekaran yang sebagian elemen bangunannya menggunakan material alternatif dari bonggol jagung sehingga dapat juga dijadikan sebagai display promosi berbagai produk olahan bonggol jagung hasil kerajinan masyarakat. Desainnya sederhana tetapi menarik dan cukup untuk kebutuhan menginap wisatawan dalam kelompok kecil. Lokasinya dipilih dengan mempertimbangkan panorama alam sekelilingnya yang indah dan mudah dijangkau. Harapannya, prototipe ini dapat diduplikasi secara mandiri oleh masyarakat sehingga terbangun lebih banyak lagi Rumah Bonggol Jagung dalam waktu singkat. Semakin banyak, tentu saja akan meningkatkan taraf hidup masyarakat petani di Pamekaran. Permasalahan yang ditemui di lapangan adalah belum adanya pengujian ketahanan material bonggol jagung sebagai elemen bangunan terhadap cuaca sehingga ini membutuhkan penelitian lanjutan. Namun, kesimpulan sementara yang dapat diambil bahwa penggantian material yang rusak dapat diatasi dengan membuat ulang dari ketersediaan limbah bonggol jagung yang berlimpah. Bahkan, ini secara tidak langsung menjadi media pelatihan yang berlangsung berulang-ulang untuk meningkatkan kemampuan pengolahan bonggol jagung.

Keywords

Material alternatif; Prototipe; Rumah Bonggol Jagung; Wisata Edukasi Jagung

Full Text:

PDF

References

“Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sumedang,” 2021. Accessed: Dec. 05, 2021. [Online]. Available: https://disdukcapil.sumedangkab.go.id/Front/index

“Desa Pamekaran,” 2021. Accessed: Dec. 05, 2021. [Online]. Available: https://sumedangtandang.com/direktori/detail/desa-pamekaran.htm

“Potensi dan Investasi Kabupaten Sumedang,” 2021. Accessed: Dec. 05, 2021. [Online]. Available: https://perizinan.sumedangkab.go.id/ptsp/potensi

Dedy Ismail, “Sistem Produksi Sederhana Pengolahan Bonggol Jagung Sebagai Bahan Baku Dalam Perancangan Produk,” FSRD Itenas, vol. 2, no. 1, pp. 20–28, 2014.

Mahardhika Mahardhika and Farida Ratna Dewi, “Analisis Pengembangan Usaha Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung Menjadi Produk Kerajinan Multiguna,” Journal of Management and Organization, vol. 5, no. 3, pp. 214–226, 2014.

A. Masri, “Kompromisitas Antara Kreasi dan Produksi Produk Berbahan Baku Bonggol Jagung,” JDI, pp. 32–46, Dec. 2020, doi: 10.52265/jdi.v2i2.74.

A. Martawijaya, Iding Kartasujana, Kosasi Kadir, and Soewanda Among Prawira, Atlas Kayu Indonesia, Revisi. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan, 2005.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.