Workshop Pengembangan Video Animasi Pembelajaran bagi Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus I Wilayah I, Kabupaten Polewali Mandar

Rezki Amaliyah AR, Murtafiah Murtafiah, Nurfadilah Mahmud

Abstract

Masih banyak guru yang gagal menggunakan teknologi sebagai alat pembelajaran. Kondisi ini berdampak pada kurang efektifnya proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu diberikan penguatan pemahaman dan keterampilan berbentuk workshop yang disimulasikan dalam bentuk kegiatan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS). PKMS bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada guru-guru dalam mengelola media-media pembelajaran yang berbasis teknologi seperti media video animasi berbasis web ataupun Android sebagai konten dari pembelajaran daring ataupun luring. Untuk melaksanakan PKM ini, digunakan metode ekspositori, yaitu pemaparan materi; metode demonstrasi, yaitu mendemonstrasikan beberapa contoh hasil karya media pembelajaran animasi; metode workshop, yaitu pelatihan pengelolaan media video animasi; serta metode angket untuk mengetahui respons peserta workshop terhadap kegiatan serta kemampuan guru.  Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus I Wilayah I, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Kemudian dibagi dalam 2 kelompok. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 96,9% guru memberikan respons positif terhadap pelaksanaannya. baik dari segi konteks materi, pemilihan aplikasi, cara penyajian/tutor. Sehingga mudah dipahami dan dikelola oleh guru. Dari kegiatan ini, kemampuan guru-guru dalam pengembangan media pembelajaran animasi berada pada kategori sangat tinggi, sehingga harapannya adalah proses belajar mengajar dapat berlangsung efektif.

Keywords

Video Animasi; Web dan Android; Workshop

Full Text:

PDF

References

E. M. Yeni, “Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dasar, vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2015, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/71281-ID-kesulitan-belajar-matematika-di-sekolah.pdf.

D. Umiyati and M. J. Susilo, “Perbandingan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Antara Siswa Kelas X . 6 dengan Kelas X . 7 pada Mata Pelajaran Biologi Materi Virus ( Study Kasus di SMAN 1 Sukagumiwang – Indramayu ),” J. Jupemasi-Pbio, vol. 1, no. 1, pp. 106–108, 2014, [Online]. Available: http://jupemasipbio.uad.ac.id/wp-content/uploads/2014/11/21.-NP_08008041_DEWI-UMIYATI.pdf.

S. Anshori, “Pemanfaatan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran di Sekolah,” J. Ilmu Pendidik. PKn dan Sos. Budaya, vol. 3, no. 3, pp. 10–20, 2017, [Online]. Available: http://194.59.165.171/index.php/CC/article/view/61/118.

S. I. Permatasari, N. Hendracipta, and A. S. Pamungkas, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel Ips,” Terampil J. Pendidik. dan Pembelajaran Dasar, vol. 6, no. 1, pp. 34–48, 2019, doi: 10.24042/terampil.v6i1.4100.

K. Aziz, “Peningkatan Pemahaman Peserta Didik Kelas VII Melalui Metode Inside Outside Circle dengan Bantuan Media Video Animasi Aziz Kurniawan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto,” J. Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 178–184, 2020, [Online]. Available: https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/download/394/401/.

S. E. Noviyanto, Handoko Suwarno Tri; Juanegsih, Nengsih; Rosyidatun, “Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi,” J. EDUSAINS, vol. 7, no. 1, pp. 57–63, 2015, doi: 10.15408/es.v7i1.1215.

Lina and N. A. Novita, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran,” JTIEE (Journal Teach. Elem. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 46–53, 2019, [Online]. Available: http://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/view/1127.

M. A. Sunami and Aslam, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar,” J. basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 1060–1066, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i4.1129.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.