Optimalisasi Penggunaan Microsoft Word pada SMA Muhammadiyah 1 Palembang

Evi Purnamasari

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak tuntutan agar setiap orang menguasai perkembangan teknologi. Microsoft Office sangat diperlukan dalam dunia pendidikan, salah satunya aplikasi Microsoft Word untuk siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Dunia pendidikan saat ini sebagian pembelajarannya dilakukan secara daring sehingga optimalisasi penggunaan Microsoft Word sangat penting bagi siswa dalam mengerjakan tugas. Pelatihan ini bertujuan memberikan wawasan kepada siswa tentang tool yang ada pada Microsoft Word sehingga membantu siswa agar menggunakan Microsoft Word dengan mudah, cepat, dan optimal. Pelatihan ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1, Kota Palembang. Pelatihan dilakukan secara offline di ruang laboratorium komputer dengan melibatkan 20 (dua puluh) siswa kelas 2 (dua). Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan ini, diketahui bahwa pada saat proses pelatihan, manfaat dari pelatihan dan pemateri telah menyampaikan semua materi dengan baik sehingga materi dapat diterima oleh siswa. Optimalisasi Microsoft Office baiknya terus dilakukan sehingga wawasan siswa di SMA Muhammadiyah 1, Kota Palembang selalu bertambah.

Keywords

Microsoft Office; Microsoft Word; Optimalisasi; Tool

Full Text:

PDF

References

E. Purnamasari, D. P. Rini, dan Sukemi, “The Combination of Naive Bayes and Particle Swarm Optimization Methods of Student’s Graduation Prediction,” J. Ilm. Tek. Elektro Komput. dan Inform., vol. 5, no. 2, hal. 101, 2019, doi: 10.26555/jiteki.v5i2.15317.

E. Purnamasari, D. P. Rini, dan Sukemi, “Prediction of the Student Graduation’s Level using C4.5 Decision Tree Algorithm,” ICECOS 2019 - 3rd Int. Conf. Electr. Eng. Comput. Sci. Proceeding, hal. 192–195, 2019, doi: 10.1109/ICECOS47637.2019.8984493.

R. Rahmi, “Inovasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” AL-TARBIYAH J. Pendidik. (The Educ. Journal), vol. 30, no. 2, 2020, doi: 10.24235/ath.v30i2.6852.

I. Ramadhan, T. J. Nugraha, E. Firmansyah, R. Alkahfy, dan Rian, “Perubahan proses pembelajaran tatap muka pasca pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 Di MAN 2 Pontianak,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 7, no. 8, hal. 86–93, 2021, doi: 10.5281/zenodo.5746197.

E. Purnamasari, E. S. Lestari, dan D. Marcelina, “Cara Pembuatan Soal Ujian Online Berpasword Menggunakan Google Form,” J. Abdimas Mandiri, vol. 7, no. 1, hal. 42–47, 2023, doi: 10.36982/jam.v7i1.2922.

F. Kurniadi, “Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata,” AKSIS J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 1, no. 2, hal. 267–277, 2017, doi: 10.21009/aksis.010208.

K. Maospati, K. Magetan Linda Muchacha Paramitha, dan T. Domai, “KINERJA APARAT PEMERINTAH DESA DALAM RANGKA OTONOMI DESA (Studi di Desa Gulun,” Jap), vol. 1, no. 4, hal. 91–100, 1976.

D. Dharmawati, “Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Ms. Office 2019 Pada Siswa Di Smk Dwitunggal 1 Tanjung Morawa,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, 2020, doi: 10.31849/dinamisia.v4i1.3751.

R. E. Pratama, S. Mulyati, dan I. Susanto, “Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19,” Soc. Humanit. Educ. Stud. Conf. Ser., vol. 3, no. 4, hal. 354, 2021, doi: 10.20961/shes.v3i4.53368.

Y. J. Tanama, “Kajian Gaya Belajar di Masa Pandemi,” J. Basicedu, vol. 6, no. 1, hal. 1360–1368, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i1.1689.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.