Entrepreneurship dan Adherence Antiretroviral Treatment (Entrence ARV) Melalui Pemberdayaan ODHA dengan Menggunakan Modul Digital di Puskesmas Batujajar, Kabupaten Bandung Barat

Ami Kamila, Sarah Sentika, Sisilia Dwina Islamiati

Abstract

Secara psikis, Orang yang hidup Dengan HIV/AIDS (ODHA) akan mengalami self-stigma. Mereka yang hidup dengan HIV/AIDS akan membatasi diri dengan lingkungan sosialnya. Mereka tertekan secara psikis dan sosial akibat stigma tersebut. Secara sosial, ODHA cenderung mendapatkan diskriminasi dalam berbagai cara dari lingkungan sekitar. Hal ini juga berpengaruh pada kapasitas mereka untuk mendapatkan pendidikan, pekerjaan, dan kehidupan yang layak, bahkan menghambat akses ke pelayanan kesehatan. Sementara itu, ODHA perlu mendapatkan pengobatan ARV yang harus dikonsumsi setiap hari, dikenal dengan nama Kepatuhan Pengobatan ARV (Adherence ARV Treatment). Kondisi ini diperburuk dengan pembatasan sosial masa pandemi COVID-19 yang semua kegiatannya dilakukan secara online. Bahkan, ada beberapa yang memutuskan untuk berwirausaha secara mandiri karena diberhentikan. Pendampingan pada 15 peserta yang merupakan ODHA dilakukan secara tatap muka dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah menggunakan media Modul Digital Kepatuhan Pengobatan ARV dan Entrepreneurship serta video. Pra dan pasca-tes diberikan untuk mengukur efektivitas modul digital pada peningkatan pengetahuan yang diberikan secara online dengan menggunakan Google Form. Uji statistik dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang signifikan (p<0,005) dengan rata-rata hasil pra-tes 68,1 dan pasca-tes 79,7. Modul digital merupakan salah satu cara yang dapat dijadikan sebagai media dalam memberikan edukasi yang efektif, baik dilakukan secara online maupun tatap muka. Pendampingan yang berkelanjutan diharapkan dapat dilaksanakan sebagai model edukasi komprehensif dengan menggunakan berbagai media yang efektif untuk meningkatkan kualitas hidup ODHA.

Keywords

HIV/AIDS; Kepatuhan ARV; Kewirausahaan; Modul digital

Full Text:

PDF

References

S. T. Sebastian and S. Siddanna, “Social, psychological and health concerns of people living with HIV/AIDS in Mysore District, Karnataka,” J. Clin. diagnostic Res. JCDR, vol. 10, no. 3, p. LC06, 2016.

E. E. Enwereji, M. C. Ezeama, and P. E. N. Onyemachi, “Basic Principles of Nutrition, HIV and AIDS: Making Improvements in Diet to Enhance Health,” in Nutrition and HIV/AIDS-Implication for Treatment, Prevention and Cure, IntechOpen, 2019.

R. C. Berg, D. Carter, and M. W. Ross, “A Mixed-Method Study on Correlates of HIV-Related Stigma Among Gay and Bisexual Men in the Southern United States,” J. Assoc. Nurses AIDS Care, vol. 28, no. 4, pp. 532–544, 2017, doi: 10.1016/j.jana.2017.02.004.

Y. Yuniar, R. S. Handayani, and N. K. Aryastami, “Faktor–faktor pendukung kepatuhan orang dengan hiv aids (odha) dalam minum obat antiretroviral di kota bandung dan cimahi,” 2019.

T. Susilowati, T. N. K. Sutaryono, and M. A. U. Sofro, “Loss to Follow-Up Predisposition Factors in HIV and AIDS Patients with ARV Therapy,” Therapy, vol. 1, no. 3, p. 4, 2020.

I. S. Dafira and W. Widodo, “Efektivitas Model Discovery Learning Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Materi Sistem Pencernaan,” PENSA E-JURNAL Pendidik. SAINS, vol. 9, no. 2, pp. 182–187, 2021.

K. Khusnuddin and S. Indarjo, “E-Booklet Personal Hygine terhadap Perilaku Pencegahan Skabies Pada Santri Pondok Pesantren,” HIGEIA (Journal Public Heal. Res. Dev., vol. 4, no. 3, pp. 496–505, 2020.

M. T. Amir, Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2016.

T. Susilowati, T. N. Kristina, U. Sofro, and M. Akhsan, “Quality of live of HIV/AIDS Patients for Loss to Follow Up Antiretroviral Therapy in Semarang, Indonesia.,” Indian J. Public Heal. Res. Dev., vol. 11, no. 10, 2020.

G. Kurniati, O. Widyastutik, and L. Suwarni, “Efektivitas Media Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Bahaya Merokok Pada Anak Sekolah Menengah Pertama (Studi di SMPN 05 Menyuke Kabupaten Landak),” J. Endur. Kaji. Ilm. Probl. Kesehat., vol. 5, no. 2, pp. 251–258, 2020.

I. R. Mustafa et al., “Edukasi Gerakan Siswa Anti Narkoba’’ (Geswana) Era Desrupsi 4.0 di Smp Wahid Hasyim Malang,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2 SE-Articles, Jan. 2020, doi: 10.31849/dinamisia.v3i2.3214.

A. Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.