Sosialisasi E-learning Sinau Bareng secara Virtual bagi Guru SMKN 13 Surabaya
Abstract
Perkembangan teknologi memberikan pengaruh besar di dunia, bahkan hingga ke setiap aspek kehidupan manusia, salah satu di antaranya adalah bidang pendidikan. Perubahan metode pengajaran perlu dilakukan agar pembelajaran dapat berlangsung dengan lebih interaktif. Saat ini, dunia sedang diuji dengan suatu permasalahan kesehatan, yaitu pandemik Corona (COVID-19). Hal ini sangat berpengaruh juga pada setiap aspek kehidupan. Pembelajaran daring bukan lagi menjadi pembelajaran yang baru di sekolah-sekolah. Melalui media elektronik atau yang lebih dikenal dengan e-learning, proses belajar-mengajar dapat dilakukan tanpa adanya tatap muka antara pengajar dan peserta didik serta tidak lagi dibatasi oleh waktu dan tempat. E-learning menjadi salah satu solusi bagi permasalahan dunia pendidikan yang semakin sibuk dengan berbagai layanan yang menawarkan fleksibilitas dan mobilitas yang tinggi. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) bekerja sama dengan SMKN 13 Surabaya dalam melakukan peningkatan kompetensi guru melalui kegiatan Sosialisasi E-learning Sinau Bareng secara Virtual bagi Guru SMKN 13 Surabaya dan nantinya akan digunakan oleh guru SMKN 13 Surabaya selama masa pandemik COVID-19 dalam proses belajar-mengajar. Di dalam artikel ini, akan dipaparkan mengenai kegiatan pengabdian kepada masyarakat, khususnya di SMKN 13 Surabaya, dalam rangka memberikan pengarahan kepada guru mengenai penggunaan e-learning sebagai media yang dapat menumbuhkan minat belajar siswa sehingga proses pembelajaran akan terasa lebih menarik. Selain itu, materi yang disampaikan guru juga akan lebih mudah diterima oleh siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran, edisi 1. Raja Grafindo Persada.
Gagne, & Briggs. (1975). Instructional Technology: Foundations. Lawrence Erlmaun Associates.
Hatip, A., Sucipto, S., & Setiawan, W. (2019). Pelatihan Penggunaan E-learning Berbasis Media Sosial Edmodo bagi Guru SD Negeri Mulyorejo I Surabaya. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), 3(1), 61–68. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.428
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.