Evaluasi Antarmuka Situs Web Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya pada Perangkat Mobile Menggunakan Metode Usability Testing

Adib Pakarbudi, Anwar Sodik

Abstract


Website merupakan media informasi yang banyak digunakan organisasi hampir di seluruh dunia baik organisasi profit maupun non profit. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) sebagai organisasi pendidikan juga mengimplementasikan website sebagai media inofrmasi dan juga media promosi. Website ITATS memiliki lalu lintas ini cukup tinggi setiap bulannya. Lebih dari 30.000 klik dihasilkan dari website Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Namun dibalik angka tersebut terdapat kekurangan yang dimiliki oleh website ITATS. Website ini memiliki kendala yang dikhawatirkan akan berdampak secara jangka panjang, yaitu Bounce Rate website ini cukup tinggi mencapai 70. Presentase ini menunjukkan bahwa banyak pengunjung yang membaca informasi di website secara singkat. Tidak lengkap dan cenderung cepat meninggalkan website. Untuk itu perlu untuk dilakukan Usabiliy Testing pada website tersebut dengan tujuan untuk mengurangi bounce rate dan membuat pengunjung website lebih mudah memahami konten yang ada dalam website tersebut. Pengujian dilakukan kepada pengunjung website dengan persona yang disesuaikan atau biasa disebut dengan User Experience. Pengunjung website merupakan pengguna Desktop PC maupun mobile device. Hasil dari penelitian ini adalah tata letak dan navigasi yang tidak sesuai dengan keinginan pengunjung sesuai dengan personanya.

Keywords


Usability Testing, Bounce Rate, User Experience, Website Perguruan Tinggi

References


A. Kadir, Pengantar Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi, 2013.

Murhada and Y. C. Giap, Pengantar Teknologi Informasi. Tangerang: Mitra Wacana Media, 2011.

A. Holland, “How Estimated Reading Times Increase Engagement With Content,” 2014. [Online]. Available: https://marketingland.com/estimated-reading-times-increase-engagement.

M. Suhartanto, “Pembuatan Website Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Delanggu Dengan Menggunakan Php Dan MySQL,” Speed – Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 4, no. 1, pp. 1–8, 2012.

A. Daryanto, H. Khan, H. Matlay, and R. Chakrabarti, “Adoption of country-specific business websites The case of UK small businesses entering,” J. Small Bus. Enterp. Dev., vol. 20, no. 3, pp. 650–660, 2013.

M. Yulianti, I. Aknuranda, and N. H. Wardani, “Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Situs Web Fakultas Pertanian ( FP ) Universitas Brawijaya,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 11, pp. 1132–1141, 2017.

A. Sriwulandari et al., “Analisis dan Evaluasi Aspek Usability Pada Web HRMIS Telkom University Menggunakan Usability Testing Analysis and Evaluation of Usability Aspects on Web HRMIS Telkom University Using Usability Testing Abstract,” e-Proceeding Eng., vol. 1, no. 1, pp. 537–542, 2014.

F. Karray, M. Alemzadeh, J. A. Saleh, and M. N. Arab, “Human-Computer Interaction : Overview on State of the Art,” vol. 1, no. 1, pp. 137–159, 2008.

D. Yuliarto, “MODEL GOMS APLIKASI MOBILE INDIHOME PADA TINJAUAN MODEL PENGGUNA DALAM INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER,” J. Interak. Mns. dan Komput. STIKOM Yos Sudarso Purwokerto, pp. 1–14, 2018.

M. R. Adityawarman, “Tips dan Cara Melakukan Usability Testing,” 2018. [Online]. Available: https://medium.com/hoomix/tips-dan-cara-melakukan-usability-testing.

Insap Santosa, Interaksi Manusia Komputer, 2nd ed. Yogyakarta: Andi, 2009.

L. S. Wiratama et al., “EVALUASI ANTARMUKA WEBSITE SMK MUHAMMADIYAH 2 SRAGEN MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING,” vol. 8, no. 1, pp. 135–140, 2017.

E. Susilo, “Cara Menggunakan System Usability Scale,” 2019. [Online]. Available: https://www.edisusilo.com/cara-menggunakan-system-usability-scale/.

U. Ependi and F. Panjaitan, “System Usability Scale Antarmuka Palembang Guide Sebagai Media Pendukung Asian Games XVIII,” vol. 3, no. 2, 2018.

A. Bangor, T. Staff, P. Kortum, J. Miller, and T. Staff, “Determining What Individual SUS Scores Mean : Adding an Adjective Rating Scale,” vol. 4, no. 3, pp. 114–123, 2009.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.iptek.2019.v23i2.588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.