OPTIMASI PANJANG CADIK KAPAL NELAYAN 3 GT

budhi santoso

Abstract


Peningkatan kecepatan pada kapal nelayan akan membantu dalam operasional penangkapan ikan di laut. Beberapa penelitian telah dilakukan tentang peningkatan kecepatan dengan menambah lambung di kanan-kiri kapal. Nilai hambatan total kapal terhadap variasi jarak outrigger (cadik) pada kecepatan kapal 10 knot menghasilkan nilai hambatan pada jarak cadik 2 meter 10,6 kN, jarak cadik 2,5 meter 10,7 kN, sedangkan pada jarak cadik 3 meter 10,8 kN. Dengan demikian, variasi jarak cadik tidak signifikan mempengaruhui nilai hambatan total kapal 3 GT dikarenakan nilai hambatan tidak jauh berbeda.


References


Nurhasanah, 2014. Evaluasi karakteristik hidrodinamika kapal ikan untuk wilayah perairan pulau Bengkalis. Riau.

S.A. Harvald, 1983. Tahanan dan Propulsi Kapal. Surabaya: Airlangga University Press.

A.W. Gray, 2001. A Preliminary Study pf Trimaran. West Virginia University College of Engineering and Material Resources, Morgantown.

Utama, I.K.A.P., 2008. Peranan Hidrodinamika dalam Bidang Desain Kapal dan Kehidupan Sehari-hari, Pidato Pengukuhan untuk Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Hidrodinamika Kapal pada Fakultas Telnologi Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya 4 Juni 2008, Departemen Pendidikan Nasional, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Muhadi Eko, 2012. Analisa Teknis Optimalisasi Sistem Propulsi Kapal Ikan Menggunakan Cvt Gearbox. KAPAL, 9(3), Surabaya.

T. Mynard, PK. Sahoo, J. Mikkelsen and D. McGreer., 2008. Numerical and Experimantel Study of Wave Resistance for Trimaran Hull Form. Australian Maritime College, Lunceston, Australia.

Oortmerssen, G., A Power Prediction Method and its Application to Small Ships. International Shipbuilding Progress, 18(207), 1971.

Adji, Surjo W., 2004. Kapal Ikan Kajian Karakteristik Tahanan dan Sistem Propulsi, Modul Pengajaran, Jurusan Teknik Sistem Perkapalan FTK-ITS, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.iptek.2017.v21i1.45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.