Perancangan Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Fatahillah Kabupaten Bekasi

Rani Desy Faddillah, Dwi Yulistyanti, Rudi Hermawan

Abstract

Berkembangnya teknologi informasi pada semua jenis bidang, salah satunya pada bidang pendidikan dimana pihak sekolah dapat memanfaatan teknologi informasi tersebut untuk memudahkan kinerja sekolah, khususnya pada saat penerimaan peserta didik baru. Perancangan Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Fatahillah Kabupaten Bekasi dibuat bertujuan untuk mempermudah dalam mengelola data penerimaan peserta didik baru agar proses penyajian data yang berkenaan dengan data penerimaan peserta didik baru dapat terselesaikan dengan cepat, tepat dan akurat. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah dengan menggunakan metode research and development. Selain itu, sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah sistem waterfall. Pada sistem ini, terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan diantaranya menganalisa kebutuhan, perancangan, implementasi dan pengkodean serta pengujian. Perancangan Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru ini tercipta dengan dukungan bahasa pemrograman Java serta database MYSQL dan XAMPP. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahwa aplikasi penerimaan peserta didik baru dapat memenuhi kebutuhan dalam suatu proses penyajian data peserta didik baru yang cepat, tepat dan akurat serta efektif dan efisien.

Kata Kunci: Perancangan aplikasi, Penerimaan peserta didik, Java, MYSQL.

Full Text:

Download

References

Arief, M. R. (2011). Pemrograman Web dinamis Menggunakan PHP dan MYSQL. Yogyakarta: Andi.

Madcoms. (2016). Pemrograman PHP dan MYSQL Untuk Pemula (Yogyakarta, ed.). Andi.

Mulyadi. (2011). Sitem akuntansi dan Upah. Jakarta: Salemba Empat.

Prasetyo, dkk. (2013). Pengrauh Konsep Diri dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Jurusan Teknik Audio di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Raharjo, B. dkk. (2012). Modul Pemrograman Web HTML, PHP & MYSQL. Bandung: Modula.

Ruhul Amin. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Pada SMK Budhi Warman 1 Jakarta. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 2(2), 113–121.

Sommerville, I. (2011). Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: Erlangga.

Suherni, Rubiati, H. (2017). Aplikasi Pendaftaran Dan Penerimaan Siswa Baru Di Smk Negeri 1 Rupat Berbasis Web. Jurnal Informatika, Manajemen Dan Komputer, 9(2), 15–24.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Sutanta, E. (2011). Basis Data Dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: Andi Offset

Refbacks

  • There are currently no refbacks.