Perancangan Tudung Isap Debu untuk Sistem Dust Collector pada Suction Point Area Press di PT XYZ

Ahmad Nazil Stalis, Okik Hendriyanto Cahyonugroho

Abstract


Pengendalian debu dalam sektor industri melibatkan proses penghapusan partikel padat dari aliran udara untuk mengatasi masalah debu yang dapat berdampak pada keamanan dan kesehatan. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja sistem dust collector yang diterapkan di area Press PT XYZ, di mana sistem tersebut belum optimal dalam mengendalikan debu yang bertebaran di lingkungan kerja. Penelitian ini melibatkan studi literatur, pengamatan lapangan, pengumpulan dan analisis data, serta perancangan desain untuk merancang solusi yang tepat. Perancangan fokus pada desain tudung isap dengan memodifikasi bentuk, lokasi, kecepatan tangkap dan laju aliran yang melaluinya. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa untuk laju aliran udara 703,925 cfm, kecepatan tangkap yang dibutuhkan adalah 726,631 fpm. Sedangkan untuk bentuk tudung berdiri bebas dengan flensa, kecepatan tangkap yang dibutuhkan adalah 167,864 fpm. Berdasarkan perbandingan dengan kondisi eksisting, bentuk tudung booth dengan luas bukaan 0,969 ft2 terhubung ke saluran dengan luas bukaan 0,313 ft2 merupakan pilihan yang sesuai. Lokasi tudung isap ditempatkan di bagian atas bukaan bin dengan jarak 0,656 ft dari bukaan tudung. Implementasi desain tudung ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja sistem dust collector dalam mengendalikan emisi debu di PT XYZ.


References


Bhuiyan, Z. (2020). Design analysis of Dust collection system. Bulk Solids Storage and Handling, January, 1–31.

Cecala, A. B., O’Brien, A. D., Schall, J., Colinet, J. F., Franta, R. J., Schultz, M. J., Haas, E. J., Robinson, J. E., Patts, J., Holen, B. M., Stein, R., Weber, J., Strebel, M., Wilson, L., & Ellis, M. (2019). Dust control handbook for industrial minerals mining and processing. Second edition. Niosh, 406.

Conference, A., & Hygienists, I. (1998). ACGIH: Industrial Ventilation Manual (Vol. 552).

Hermanu, A. D., Kusuma, G. E., & Moballa, B. (2018). Evaluasi Saluran Isap Debu Untuk Sistem Dust Collector (Studi Kasus di Transfer Tower 0 (TT 0) PT. PJB UBJOM PLTU Pacitan). 1st Conference on Marine Engineering and Its Application.

Niosh. (2012). Worker Exposure to Silica during Hydraulic Fracturing. Hazard Alert, 6742, 7.

Nurfauzan, R. A., & Thaib, D. (2020). Gambaran Tingkat Risiko Kesehatan dan Keselamatan kerja pada Bagian Produksi di PT. “X” Menggunakan Metode Hazard identification, Risk Assesment and Risk Control (Hirarc) Tahun 2018. Environmental Occupational Health and Safety Journal, 1(1), 61–70.

Vatavuk, W. M. (1995). Generic Equipment and Devices Chapter 1 Hoods, Ductwork and Stacks. Book.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.envitats.2023.v3i2.4550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.