Pengelolaan Sampah Di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Griyo Mulyodesa Kalisogo, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo

Rania Ichdatunnisa, Praditya Sigit Ardisty Sitogasa

Abstract


Permasalahan sampah menjadi salah satu permasalahan tergawat di Indonesia. Dengan seiring bertambahnya jumlah penduduk, jumlah sampah yang dihasilkan pun ikut bertambah. Pengelolaan sampah menjadi solusi penting yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan sampah di TPA. TPA Griyo Mulyo merupakan TPA satu-satunya di Sidoarjo dan melayani 18 kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan pengelolaan sampah yang terjadi di TPA Griyo Mulyo dan hasil dari kegiatan-kegiatan tersebut, sehingga dapat menjadi sebuah masukan untuk meningkatkan pengelolaan sampah dan memunculkan inovasi baru untuk mereduksi sampah di TPA Griyo Mulyo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik penelitian yang dilakukan adalah pengumpulan data primer dan sekunder dengan cara observasi di lapangan dan studi dokumen. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sampah di TPA Griyo Mulyo sudah berjalan dengan baik seperti yang dapat dilihat pada fasilitas pengelolaan sampah yang telah beroperasi dengan lancar, namun pengurangan sampah masih dapat ditingkatkan. Saran yang bisa diberikan adalah untuk memperbesar kapasitas pengelolaan sampah, memanfaatkan biogas menjadi kantin gas metana, dan memanfaatkan air lindi menjadi pupuk.


References


Alimansyah, A., Tarigan, J., & Syuprianto, S. (2018). Analisis Pengelolaan Sampah Di Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu. Jurnal Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu, 1-10.

Damanhuri, E., & Padmi, T. (2016). Pengelolaan Sampah Terpadu. Bandung: Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Direktorat Pengelolaan Sampah. (2023, May 10). Timbulan Sampah. Retrieved from Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional: https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/public/data/timbulan

Iftikhar, S., & Aziz, B. (2017). Analysis Of Factors Affecting Solid Waste Management: A Study Of Cities Municipalities. Gomal Journal of Social Sciences & Humanities, 1(1), 48-60.

Novi, M. (2014). Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) sebagai Bentuk Implementasi dari Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Formatif, 4(2).

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 3 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan Dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga (Kementerian Pekerjaan Umum 2013).

Purwendro, S., & Nurhidayat. (2006). Mengolah Sampah Untuk Pupuk Pestisida Organik. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rahayu, D., & Sukmono, Y. (2013). Kajian Potensi Pemanfaatan Sampah Organik Pasar berdasarkan Karakteristiknya (Studi Kasus Pasar Segiri Kota Samarinda). Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan, 5(2), 77-90.

Sari, P. N. (2016). Analisis Pengelolaan Sampah Padat di Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 10(2), 157-165.

Sari, R. N., & Afdal, A. (2017). Karakteristik Air Lindi (Leachate) di Tempat Pembuangan Akhir Sampah Air Dingin Kota Padang. Jurnal Fisika Unand, 6(1), 93-99.

Sejati, K. (2009). Pengolahan Sampah Terpadu. Yogyakarta: Kanisius.

Sudrajat, H. (2006). Mengelola Sampah Kota. Jakarta: Penebar Swadaya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah (Republik Indonesia 2008).




DOI: https://doi.org/10.31284/j.envitats.2023.v3i2.4543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.