Komparasi Beberapa Tipe Struktur Jembatan Rangka dengan Pembebanan Gempa sesuai Persyaratan SNI 2833-2016

Jaka Propika, Dwilita Putri Irawan, Yanisfa Septiarsilia, Suheni Suheni

Abstract

Jembatan memiliki banyak macam, baik dari segi model, bahan yang digunakan, dan bentuknya. Perencanaan ini menggunakan jembatan model Through Warren Truss, Through Howe Truss, Through Pratt Truss, Quadrangular Through Warren Truss. Untuk mengetahui perbandingan model dari jembatan rangka dilakukan perencanaan permodelan beberapa jembatan rangka dengan menggunakan SNI 2833-2016.5 Tujuan perencanaan ini untuk mengetahui nilai ratio jembatan, nilai lendutan, nilai base shear, dan nilai momen jembatan. Hasil dari perencanaan diperoleh nilai ratio paling tinggi pada Quadrangular Through Warren Truss sebesar 0.410, sedangkan ratio terendah pada Through Warren Truss sebesar 0.384. Lendutan paling tinggi pada Quadrangular Through Warren Truss sebesar 0.105692 dan lendutan terendah pada Through Warren Truss sebesar 0.100173. Base shear paling tinggi pada Quadrangular Through Warren Truss sebesar 885.47 kN dan base shear terendah pada Through Warren Truss sebesar 822.563 kN. Momen paling tinggi pada Through Warren Truss sebesar 1340.1103 kN/m dan momen terendah pada Quadrangular Through Warren Truss sebesar 1340.1103 kN/m. Dipilih jembatan Through Warren Truss karena memiliki nilai ratio, lendutan, base shear, yang paling rendah. Sehingga resiko kegagalan jembatan dapat diminimalisir.

Keywords

steel frame bridge; base shear; deflection; ratio; moment

Full Text:

PDF

References

(2016). Pembebanan untuk jembatan.

(2016). Perencanaan jembatan terhadap beban gempa.

Arifi, E., Suseno, H., Hidayat, M. T., Grahadika, H. E., Timur, J., Teknik, J., & Universitas, S. (2016). JEMBATAN RANGKA BAJA. 10(3), 187–193.

Fitriyah, D. K. (2019). Modifikasi Jembatan Mataraman II Malang Menggunakan Struktur Gelagar Beton Bertulang. Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil, 4(1), 13. https://doi.org/10.53712/rjrs.v4i1.613

Istiono, H., & Susanti, E. (2020). Pola Keruntuhan Jembatan Rangka Menerus Tipe Waren. Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil, 3(2), 73–80. https://doi.org/10.35334/be.v3i2.1169

Propika, J., & Septiarsilia, Y. (2016). Re-Design Jembatan THP dengan Sistem Box Girder Segmental.

Septiarsilia, Y., Fitriyah, D. K., & Propika, J. (2020). Perencanaan Struktur Jembatan Sumber Sari , Kutai Barat , Kalimantan Timur dengan Sistem Busur Baja.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.