Chapter 1. PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ABAD 21
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum. 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Bishop, Joseph (2006). Partnership for 21st Century Skills. Dahlan, J. A. (2016). Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–15.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Depdiknas. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia pusat bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Elmubarok, Zaim. (2008). Membumikan pendidikan nilai: mengumpulkan yang terserak, menyambung yang terputus dan menyatukan yang tercerai. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Faridah, N., Isrok’atun, & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Kepercayaan Diri.
Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: ar-. Ruzz Media.
Goleman, Daniel. (1995). Emotional intelligence. Hermaya, T. Penerjemah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, Daniel. (2000). Emotional intelligence: kecerdasan emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, Daniel. (2015). Emotional intelligence: kecerdasan emosional,mengapa EI lebih penting dari pada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hamzah, & Uno, B. (2011). Perencanaan Pembelajaran . Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kamdi, W. (2017). "Project-Based Learning: Pendekatan Pembelajaran Inovatif ". Makalah. Disampaikan dalam Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Guru SMP dan SMA Kota Tarakan, 31
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findel, B. (2001). Adding it up. Helping children learn mathematics. Mathematics learning study committee. Center for Edition. Devision of Behavior and Social Sciences and Educational. Washington, DC: National Research Council. National Academy Press.
Koriyah, V. N., & Harta, I. (2015). Pengaruh Open-Ended terhadap Prestasi Belajar , Berpikir Kritis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP The Effect of Open-Ended on the Achievement , Critical Thinking and Self-Confidence of Junior High School Students. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95–105.
Modul Pedagogik 2, PPG, Profil dan Kompetensi Guru Abad 21 Neny Lestari, Yusuf Hartanto, P. (2016). Pengaruh Pendekatan Open- Ended Terhadap Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 81–95.
Nurochim, S. & Prihatnani, E. (2018). Perbedaan Penerapan Problem Based Learning dan Discovery Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 8 Salatiga. Jurnal Pendidikan. 134 – 147.
Peraturan Pemerintah no 19 tahun 2005 pasal 28 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Permendikbud Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Prayitno, S. H., & Muttaqien, S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 22 Surabaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Edukasi, 49-50.
Reigeluth, M Charles. (1983). Instructional-Design Theories and Models, An Overview of their Current Status. New jersey: London.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu : Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman, A.M. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Sawada, T. (1997). Developing Lesson Plans. Dalam J. P. Becker dan S. Shimada(ed) The open-ended approach: a new proposal for teaching mathematics. VA : NCTM.
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Suharnan. (2005). Psikologi kognitif. Edisi Revisi. Surabaya: Srikandi.
Sumarti. (2015) Strategi Tindak Tutur Direktif Guru dan Respons Warna Afektif Siswa. Universitas Indonesia
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tinambunan, Djapiter. (2008). Manajemen jati diri: tujuh sasaran delapan langkah menggali kepribadian unggul manusia sejati. PT Elex Media Komputindo. Jakarta: Kompas Gramedia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.
Williams English, Evelyn. (2012). Mengajar dengan Empati: Panduan Belajar Mengajar yang Tepat dan Menyeluruh untuk Ruang Kelas dengan Kecerdasan Beragam. Bandung: Nuansa Cendekia.
Yeung, Rob, (2009). The New Rules: Emotional Intelligence. Publishing One.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Katalog Buku Karya Dosen ITATS