MEMENANGKAN PASAR DENGAN DESAIN KEMASAN PRODUK

Moch Junaidi Hidayat

Abstract


Pasar ibarat arena pertempuran. Di medan inilah, produk akan diuji, apakah akan menjadi pemenang pasar, ataukah menjadi pecundang. Pada situasi yang kompetitif inilah menuntut tiap produsen untuk melakukan diferensiasi produk agar senantiasa bisa bertahan memenangkan pasar. Produk yang ada tersebut dikomunikasikan secara visual, lalu dirancanglah kemasan yang menarik. Desain kemasan, dari sudut pandang penampilan, berfungsi untuk membedakan setiap jenis produk yang berbeda. Untuk produk yang sama, kemasan berfungsi untuk menambah daya tarik dan minat konsumen. Desain kemasan menjadi alat penjualan yang sangat efektif ketika produsen telah menentukan suatu kelas pangsa pasar tertentu untuk dibidik.
Jika sudah demikian, produsen akan fokus pada kemasan yang disesuaikan dengan nilai, selera, gaya hidup dan habit atau kebiasaan konsumen. Elemen-elemen tersebut akan membantu dalam rangka mendesain kemasan yang tepat sasaran sebagai sarana komunikasi produk kepada konsumen. Jika dahulu kemasan dipandang hanya sekadar “wadah”, sekarang sudah tidak berlaku lagi. Kemasan memainkan peran yang sangat penting dalam menggaet calon konsumen. Buku yang ada di tangan Anda ini mengungkap seluk beluk bagaimana kemasan berperan dalam memenangi pasar. Di dalamnya dibahas betapa kemasan sangat menentukan apakah suatu produk “layak” dibeli atau tidak.
Buku ini penting sebagai rujukan, baik bagi para praktisi pemasaran, pelaku UKM, maupun akademisi yang concern dalam kajian etno-semiotika. Penulis menyadari, buku ini masih banyak kekurangan. Untuk itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan demi perbaikan buku ke depan.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Irwan, 2009, Dinamika Masyarakat dan Kebudayaan Kontenporer, Yogyakarta: TICI Publications.

Abdullah, Irwan, 2006, Konstruksi dan Reproduksi Kebudayaan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Abdillah S., Ubed. 2002. Politik Identitas Etnis: Pergulatan Tanda Tanpa Identitas. Magelang: Indonesia Tera.

Alasuutari, Perti, Researching Culture-Qualitative Methods and Cultural Studies, London: Sage Publications.

Amir Piliang, Yasraf, 2003, Hipersemiotika-Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna, Yogyakarta: Jalasutra.

_____________, 2004, Posrealitas: Realitas Kebudayaan dalam Era Postmetafisika, Yogyakarta: Jalasutra.

_____________, 2008, Multiplisitas dan Deferensiasi-Redifinisi Desain, Teknologi, dan Humanitas, Yogyakarta: Jalasutra.

Appadurai, Arjun. 2006. “Disjuncture and Difference in the Global Cultural Economy”, dalam G. Durham & Douglas M.

Kellner, Media and Cultural Studies: KeyWorks, (USA: Blackwell, 2006).

_______________, 2007, The Social Life Things: Commodities in Cultural Perspektif, New York: Cambridge University Press.

Barthes, Roland, 2007, Membedah Mitos-mitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiolog Tanda, dan Representasi, Yogyakarta: Jalasutra.

_____________, 1994, Element of Semiology, Paris: Hill and Wang.

_____________, 1972. Mythologies. New York: Hill and Wang.

______________. 1977. Image-Music-Text. New York: Hill and Wang.

______________. 2012. Elemen-elemen Semiologi. dialih bahasakan oleh Kahfie Nazaruddin. Yogyakarta: Jalasutra.

Boudrillard, Jean P. 1987, The Ecstasy of Communication, Brooklyn: Semiotext (E) Foreign Agents Series.

____________, 2009, Masyarakat Konsumsi, (ed. 3) Yoyakarta, Kreasi Wacana.

____________, 1991. Language and Symbol Power, Cambridge, Polity Press.

____________, 1986. The Form of Capital, terj dari bahasa jerman oleh Richard Nice, dalam J.G. Richardson (ed.) Handbook for theory and Research for the Sociology of Education. Newyork: Greenwood Press.

____________, 1981, For Critique of The Political Economy of The Sign, New York, Telos Press Publishing.

____________, 1993, The Field of Cultural Production –Essay on Art and Literature, Edited and Introduced by Randal Johnson, Columbia University Press.

____________, 1989. Social Space and Symbolic Power. Journal Sociological Theory, Vol. 7, No. 1 (Spring), 14-25. American Sociological Association.

Barker, Chris. 2000, Cultural Studies: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Kreasi Wacana ______________, 2003, Cultural Studies: Theory and Practice, 2nd edition, London, SAGE Publications.

______________, 2009. Cultural Studies: Teori dan Praktek. (Terj) Nurhadi. Yogyakarta. Jalasutra.

Berger, Peter L. 1990. Tafsir atas Kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan, Jakarta: LP3ES.

Berger, Artur Asa. Pengantar Semiotika: Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer. dialih bahasakan oleh M Dwi Marianto. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2010.

Budiman, Kris. Semiotika Visual: Konsep, Isu, dan Problem Ikonitas. Yogyakarta: Jalasutra, 2011.

Budi, Francisco Hardiman, 1990, Kritik Ideologi: Pertautan Pengetahuan dan Kepentingan. Yogyakarta: Kanisius.

Bourdieu, Pierre dan Loic Wacquant. 2001.”Neoliberal Newspeak: Notes on The New Planetary Vulgate” dalam Radical Philosophy Vol. 105, h. 2-5.

Bourdieu, Pierre et all. 1999. The Weight of The World: Social Suffering in Contemporary Society, California: Standford University Press.

Bourdieu, 2006. Distinction: A Social Critique of Judgment of Taste, London, Routladge.

_____________, 1996a. The Rules of Art: Genesis and Structure of Literary Field, California: Standford University Press.

_____________, 1996b. Understanding, dalam Journal of Theory, Culture and Society, Vol. 13 No. 2; h. 17-37.

_____________, 1995. Outlline of A Theory of Practice, Cambridge: University of Cambridge Press.

_____________, 1992. The Field of Cultural Production. Columbia: Columbia University Press.

_____________, 1991a. The Peculiar History of Scientific Reason, dalam Journal of Sociology Forum Vol. 6. No.1. h. 3-26

_____________, 1991b. Toward a Sociology of Photography, dalam Journal of Visual Anthropology Review, Vol.7. No.1. h. 129-133

______________, 1990, Homo Academicus. California: Standford University Press.

______________, 1986. The Form of Capital. Dalam Richardson, J. Handbook of Theory and Research for The Sociology Education, CT: Greenwood. h. 241-258

______________, 1998, Act of Resistance: Againts the Tranny of The Market 2, New York: The new Press.

______________, 1992. Language and Symbol Power, Oxford: Polity Press.

_____________, 2000, Pascalians Meditatios. California: Standford University Press.

_____________, 2000. Making The Economic Hanitus: Alegrian Workers Revisited: dalam Journal of Ethnography Vol 1. No. 1, h. 17-41.

Burdel, Bernhard E., 2005, Design: History, Theory and Practice of Product Design, Birkhauser, Basel.

Butler, J., Lee, R., & Hunt, M. 1995. Race and Ideology: African American Images in Television Advertising. Journal of Public Policy & Marketing, 14: 48-59.

Cassirer, Erns. 1987. Manusia dan Kebudayaan: Sebuah Essai tentang Manusia, Jakarta: Gramedia.

Coles, Richard & Derek McDowell, Mark J. Kirwan, 2003, Food Packaging Technology, London, Blackwell Publishing.

Departemen Perdagangan Republik Indonesia, 2008, Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025, Studi Industri Kreatif Indonesia-Deperindag RI.

Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media. Terj. A. Gunawan Admiranto. Yogyakarta. Jalasutra.

____________. 2010. Pesan, Tanda, dan Makna. dialih bahasakankan oleh Evi Setyarini dan Lusi Lian Piantari. Yogyakarta:Jalasutra.

Davis-Howard & Paul Walton, 2010, Bahasa, Citra, Media, Yogyakarta, Jalasutra.

Dagun, Save, M, 1997. Kamus Besar Ilmu Pengetahuan, Jakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan Nusantara.

Denzin, Norman K, & Yvonna S Lincoln, 2009, Handbook of Qualitative Research, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Dormer, Peter, 2008, Makna Desain Modern–Budaya Material, Konsumerisme, (peng)Gaya(an) , Yogyakarta, Jalasutra.

Dormer, 1990. The Meaning of Modern Design, London: Themes & Hudson.

De Certeu, Michel. 1984. The Practice of Everyday Life. London: University of California Press.

Dines, Gail, and Jean M.Humez (eds). 1995. Gender, Race, and Class in Media. California: Sage.

During, Simon, The Cultural Studies Reader, New York: Routledge, 2001

David Me Lelland. 2005. Ideologi Tanpa Akhir. Yogyakarta: Kreasi Wacana

Eco, Umberto. 1979. A Theory of Semiotics, Blomington, Indiana University Press.

___________. 2009. Teori Semiotika-Signifikasi ”Komunikasi, Teori Kode, serta Teori Produksi Tanda’. Yogyakarta, Kreasi Wacana.

Eriyanto, 2001, Analisis Wacana, Yogyakarta, LkiS.

Ernst Cassirer. 1987. Manusia dan kebudayaan: Sebuah Esai tentang Manusia. Jakarta: Gramedia.

Forceville, Charles. 1998, Pictorial Metaphor in Advertising, Routledge, London and New York.

Fiske, John, 1990. Cultural and communication studies. London and New York: Routledge.

____________ , 2010, Cultural and communication studies: sebuah pengantar paling komprehensif. Yogyakarta, Jalasutra.

Field, John. 2003. Social Capital. London Routladge.

Forum Studi Kebudayaan, 2010, Cultural Studies Selected Writings- Volume I dan II, Bandung.

Foster, Gwendolyn Audrey.2005. Clas-passing: Social Mobility in Film and Popular Culture. Carbondale: Southern Illinois University.

Faruk H.T., dan Irwan Abdullah. Aspek-aspek Seni Visual Indonesial: Identitas dan Budaya Massa. Yogyakarta: Yayasan Seni Cemeti, 2002.

Featherstone, Mike, (ed.). Global Culture: Nationalism, Globalization and Modernity. London: Sage Publications, 1991.

Geertz, Clifford, 1992, Tafsir Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.

Gigi Durham, Meenakshi & Dauglas M. Kellner, 2006, Media and Cultural Studies-Keywork, Hongkong, Blacwell Publishing.

Giles, Geoff A.,2000, Design and Technology of Packaging Decoration for the Consumer Market, London, Sheffield Academic Press.

Gidden, A. 1991. Modernity and Self-Identity. Cambridge: Polity Press.

Giles Judith & Middleton Tim, Studying Culture, New Yor, Bleckwell, 1999

Gerke, Solvay. 2000. “Global lifestyle under local conditions: the new Indonesian middle class’. Dalam Consumtion in Asia Lifestyle and Identities. Chua Beng Huat (ed). London: Routledge.

Hall, Stuart, (ed). 1997. Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. London-New Delhi: The Open University: Sage Publication.

_____________. 1992. The Question of Cultural Identity. Dalam Modernity and its Futures, S. Hall, D. Held (eds). Cambridge: Polity Press.

Harker, Richard Cheelan Mahar, Chris Wilkes, 2009, (Habitus x Modal) + Ranah = Praktik–Pengantar Paling Komprehensif kepada Pemikiran Pierre Bourdieu, Yogyakarta, Jalasutra.

Haryatmoko, 2003, “Menyingkap Kepalsuan Penguasa: Landasan Teoritis Gerakan Sosial Menurut Pierre Boudieu”, dalam Majalah Basis, No. 11-12 Tahun ke-52, November-Desember 2003, Yogyakarta, Basis.

________________, 2007, Etika Komunikasi, Yogyakarta, Kanisius.

Howkins, John, 2001. The Creative Economy: How People Make Money From Ideas, England: Penguin Books.

Jefkins, Frank, 1985, Periklanan, Penerjemah Haris Munandar, Jakarta: Erlangga.

___________, 1997. Pengantar Periklanan, Jakarta: Erlangga.

Jenkins, Richard, 2004, Membaca Pikiran Pierre Bourdieu, Yogyakarta, Kreasi Wacana.

Jenk, Chris (ed). 1993. Cultural Reproduction. London: Routledge.

Jones, Christopher J., 1970, Design Methods, London, Wiley Interscience.

Julier, Guy, 2008, The Cultue of Design, London, Sage.

Jhally, Sut, 1987. The Codes of Advertising, New York: Routledge.

Julianti, Sri, 2014, The Art of Packaging, Mengenal Metode, Teknik, Strategi Pengemasan Produk untuk Branding dengan Hasil Maksimal, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Kaplan, David & Albert A. Manner, 2000, Teori Budaya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kellner, Douglas, 2010, Budaya Media, Yogyakarta, Jalasutra.

Kellner, Douglas. 1995. Media Culture, Cultural Studies, Identity and Politics between Modern and Postmodern. London & New York: Routledge.

Kartajaya, Hermawan, 1996, Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kertajaya, Hermawan, 2002, On Marketing, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Klimchuk, Rosner Marianne, Sandra A. Krasovec, 2007, Desain Kemasan, Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai Konsep sampai Penjualan, Jakarta, Erlangga.

Kotler, Philip., Donald H. Haider and Irving Rein. Marketing Places. New York: A Division of Macmillan, Inc., 1993.

Lawson, Bryan. 2001. The Language Of Space. Oxford: Architectural Press.

____________. 1980, How Designer Think, London: The Architecture Press Ltd.

____________. 2009, Design Espertise, Oxford: Keesdorst.

Lee, Martyn J., 2006, Budaya Konsumen Terlahir Kembali, Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Lee, Monle dan Carla Johnson, 2004. Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global, Jakarta: Prenada.

Matheson, Billy. 2006. “A Culture of Creativity: Design Education and The Creative Industry”, Journal of Management Development, Vol. 25 No. 1, Emerald Group Publishing Limited.

Microsoft Encarta Encyclopedia. 2000.

Martienet, Jeanne, 2010, Semiologi-Kajian Teori Tanda Saussuran, Yogyakarta, Jalasutra.

Masri, Andri, 2010, Strategi Visual-Bermain dengan Formalistik Semiotik untuk Menghasilkan Kualitas Visual dalam Desain, Yogyakarta, Jalasutra.

Michel De Certeu, 1984, the practice of Everyday Life, University of California Press, London.

Marchand, Roland. 1985. Advertising the American dream, Way for Modernity 1920-1940. California: University of California.

McEachern, 1998, A Mutual Interest? Etnography in Antropology and Cultural Studies, The Australian Journal of Antropology, Hal: 251-264.

Miles, Metthew B., & A. Michael Huberman, 1992, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metoda-metoda Baru (terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi), Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J, 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mosco, Vincent, 1996, The Political Economy of Communication: Rethinking and Renewal. London: Sage Publications.

Messaris, Paul, 2006, Visual Persuasion, The Role of Images in Advertising,Sage Publication, London.

Nattiez, Jean Jaques, 1990, Music and Discourse: Toward a Semiology of Music, Princeton, New Jersey: Princeton, Univ. Press.

Noviani, Ratna, 2002. Jalan Tengah Memahami Iklan, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Norman Fairlough dan Ruth Wodak, 2001, Critical Discourse Analysis, dalam Eriyanto, Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKIS.

Norman, Donald A, 1998, The Design of Everyday Things, Amerika, Basic Book.

Noth, Winfried, 1995, Handbook of Semiotics, Indiana University press.

Noth, Winfried, 2006, Semiotik, terj. Airlangga University Press. Surabaya: Airlangga University Press.

Oehlke, Horst, 2009, Mencari Semiotika Objek Desain dalam Semiotika Visual dan Semantika Produk, Editor Susann Vihma & Seppo Vakeva, Yogyakarta, Jalasutra.

O’Guinn, Thomas C., Chris T. Allen., Richard J. Semenik. 1998. Advertising. Ohio: South-Western College Publishing.

Pieters, Jan Nederveen. 2006. Globalization as Hybridization, dalam G. Durham & Douglas M. Kellner, Media and Cultural Studies: KeyWorks, (USA: Blackwell, 2006).

Patricia, Thomson, 2008, “Field” dalam Pierre Bourdieu Key Concept, Edited By. Michael Grenfeell, Stocksfield: Ancuman.

Rakhman, Maman.1992.Strategi dan Langkah-langkah Penelitian. Semarang: IKIP Semarang Press.

Rampley, Mitchell, 2005, Exploring Visual Culture, Definitions, Concept, Contexs, Edinbugh: Edinburgh Univeristy Press.

Sabana, Setiawan, 2001, Kemasan Tradisional Makanan Khas Sunda – Ungkapan Simbolik dan Estetik Seni Rupa Tradisional Sunda, Bandung, Penerbit ITB.

Saifudin, Fedyani Ahmad, 2005, Antropologi Kontemporer: Suatu Pengantar Kritis Mengenai Paradigma. Jakarta: Prenada Media.

Spradley, James P, 2007. Metode Etnografi, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Saukko, P, 2003, Doing Research in Cult Studi, California: Sage Publication.

Soedibyo, Androe, 2008, Cultural Studies: Kaum Muda, Gaya Hidup dan Penolakan, Penerbit Koekoesan, Depok.

Sonsino, Steven, 1990, Packaging Design-Graphics, Material, Technology, Singapore, Thames and Hudson.

Stokes, Jane, 2007, How To Do Media and Cultural Studies-Panduan untuk melaksanakan Penelitian dalam Kajian Media dan Budaya, Yogyakarta, Bentang.

Storey, John. 2007, Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop, Yogyakarta, Jalasutra.

Storey, John. 2010. Teori Budaya dan Budaya Pop. Yogyakarta. Qalam.

__________, 2007. Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop: Pengantar Komprehensif Teori dan Metode, Yogyakarta. Jalasutra.

Sutrisno, Mudji, 2009, Cultural Studies-Tantangan Bagi Teori-teori Besar Kebudayaan, Depok, Penerbit Koekoesan.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, cet. 4, Bandung: Alfabeta.

Sunardi, ST, 2002, Semiotika Negativa. Yogyakarta: Kanal.

Sparke, Penny, 1986, Design and Culture, London: Allen & Unwin.

Slack, Laura, 2006, What is Product Design, Singapura: Page One.

Sumarwan, Ujang, 2004, Perilaku Konsumen-Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Ghalia Indonesia, Bogor.

Thwaites, Tony & Lloyd Davis, Warwick Mules, 2009, Introducting Cultural and Media Studies-Sebuah pendekatan Semiotik, Yogyakarta, Jalasutra.

Umiker, Jean., Sebeok, 1987, Marketing and Semiotics-new directions in the study of sign for sale, Berlin, Mouton de Gruyter.

Vihma, Susann, 1990, Semantic Vision in Design, Helsinki, UIAH.

_____________, 1992, Object and Image-Studies in Design and Advertising, Helsinki, UIAH.

Van Peursen. C. A. 1988. Strategi Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.

Walker, John A., 2010, Desain-Sejarah-Budaya- Sebuah Pengantar Komprehensif, Yogyakarta: Jalasutra.

Walker., JA & Chaplin S, 1997, Visual culture: an introduction, UK: Manchester University Press.

_____________, 1989. Design History and The History of Design. Pluto Press.

Williamson, Judith. 2007, Decoding Advertisements-membedah Ideologi dan Makna dalam periklanan, Yogyakarta: Jalasutra.

______________. 2002. Decoding Advertisement, Ideology and Meaning in Advertisement. UK: Marion Boyars Publishers Ltd.

Wirya, Iwan, 1999, Kemasan yang Menjual, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wright, Olin, Erik, Class Count, Cambridge University Press, 2000

William, Raymond, 1983, A Vocabulary of Culture and Society, Oxford University Press.

Wind, Yoram J, 1982, Product Policy: Concept, Methods, and Strategy, Massachusetts: Addison-Wesley Publishing Company.

Wiyancoko, Dudy, 2007, Desain Kemasan Menentukan Nilai Produk, Makalah Klinik Kemasan: Departemen Perdagangan Republik Indonesia.

Wuthnow, Robert, & James D Hunter, Albert Bergesen, 1984, Cultural Analysis, Boston: Routledge & Kegan Paul.

Adenan, Masvilia Faisal, 2009, Permasalahan Desain Kemasan Plastik (Studi Kasus: Kemasan Keripik Oleh-oleh di Kota Bandung), Tesis Magister Desain, ITB

Anwari, Egi, 2012, Visualisasi Kemasan Makanan Camilan Keripik Singkong (Studi Kasus: Sektor UKM Binaan, UKM Mandiri dan Industri Besar), Tesis Magister Desain, ITB

Natadjaja, Listia, 2015, Makna Desain Kemasan Jamu Khusus Wanita dan Wacana yang Mengkonstruksinya, Disertasi Program Kajian Budaya dan Media, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Gadjah Mada.

Sari, Nedina, 2006, Desain Kemasan Panganan Mengaju pada Masalah Limbah dan Pencemaran Lingkungan serta Ketersediaan Material Kemasan, Tesis Magister Desain, ITB.

Suwardikun, Didit Eidiatmoko, 2012, Desertasi: Karakter Visual Iklan Cetak Tahun 1950-1n di Indonesia, ITB.

Basnendar H, Peranan Desain Kemasan (Packaging) dalam Industri Kreatif, Berbasis Tradisi dalam Menghadapi Era Globalisasi, Procedding Seminar Internasional Industri Kreatif Berbasis Tradisi dalam Era Globalisasi, ISI Surakarta, 17 Desember 2008.

Junaidi Hidayat, Moch, 2010. Desain Kemasan Makanan IKM Sebuah Analisis Industri Budaya pada Desain Produk Kemasan, Jurnal ACINTYA ISI SOLO, 2010.

____________, 2012. Packaging Design: Visual Culture to Design Culture. The 4Th International Graduates Student Conference on Indonesia “Indegenous Communities and The Project of Modernity tahun 2012 . ISBN 978-602-8683-26-5. Tanggal 30-31 Oktober 2012.

____________, 2014. Politik Identitas dalam Visualisasi Desain Kemasan Makanan. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan “SNTEKPAN II”. ISBN 978-602-98569-1-0. Tanggal 07 Oktober 2014

____________, 2014. Praktik Identitas dalam Desain Kemasan Makanan UKM. Jurnal Nasional Terakreditasi “Panggung – STSI Bandung. ISSN: 0854-3429. Vol. 24, No.4 Desember 2014. Hal: 399-408.ss

____________, 2014. Ekspresi Budaya Visual UKM melalui Desain Kemasan. Jurnal Nasional “Jurnal IPTEK – ITATS Surabaya. ISSN: 1411-7010. Vol. 18, N0.2 Desember 2014, Hal. 134-154.

Julier, Guy, 2006. Design Issues: Volume 22, No 1.

Morley, David. 2009. Representations of class and culture in contemporary British Television, Sage Journal European Cultural Studies.

Pareira, Carlos. 2009. Inequalities on the web: stregth and weakness of a political economy analysis. Dalam Media and Culture Society. 2009: 31: 325 diunduh dari http://mcs.sagepub.com tanggal 25 Maret 2011.

Suharto Cenadi, Christine, Peranan Desain Kemasan dalam Dunia Pemasaran, Jurnal Nirmana Vol. 2 – No. 1, Januari 2000, Universitas Kristen Petra Surabaya.

Sudjudi, Imam, Representasi Bahasa Visual Indonesia dalam Desain Kemasan Rokok Kretek, Pura-pura Jurnal DKV 2, Program Studi Desain Komunikasi Visual FSRD ITB, Edisi Juli 2005.

Gong, Majalah Seni Budaya, Edisi 108/X/2009, Harian Surya, Goda Konsumen Lewat Kemasan Keren, Edisi 21 Maret 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Katalog Buku Karya Dosen ITATS