Dari Debu ke Dunia Baru: Revitalisasi Taman/Pojok Baca sebagai Gerbang Literasi Desa Jatiarjo
Abstract
Revitalisasi taman/pojok baca di Desa Jatiarjo bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat, terutama anak-anak. Dalam era digital saat ini, ketergantungan kepada gadget sangat mengurangi minat baca di kalangan anak-anak. Melalui program pengabdian masyarakat ini, taman/pojok baca yang sebelumnya tidak aktif direvitalisasi dengan memperbaiki sarana fisik, menyediakan koleksi buku yang bervariasi, dan melibatkan masyarakat dalam pengelolaan taman/pojok baca. Kegiatan berkelanjutan seperti kelas membaca dan lomba cerita juga diadakan untuk menarik minat baca. Hasil dari program pengabdian masyarakat ini meunjukkan peningkatan pengunjung taman/pojok baca dan kesadaran masyarakat akan pentingnya literasi. Denmgan kolaborasi antara masyarakat, sekolah, dan organisasi non-pemerintah, diharapkan taman/pojok baca dapat menjadi pusat aktivitas literasi yang berkelanjutan di Desa Jatiarjo.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aliyah, S., & Lestari, D. (2023). Penggunaan Pojok Baca Sebagai Media Untuk Meningkatkan Literasi Prabaca Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Miftahul Huda As-Shidiqiyah Tingkat Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Anaking), 2(1), 97–103. https://doi.org/10.37968/anaking.v2i1.490
Amatullah, N., Fauzi, R. R., Padilah, A. A., Ramadhan, F., & Pavita, C. D. (2023). Implementasi Peningkatan Minat Literasi Anak Usia Dini Melalui Program Pojok Literasi : Studi Kasus SPS TAAM Arrafi’i Kota Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(5), 681–686. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1666
Anisyah, N., Marwah, S., Indrawati, I., Hafizotun, L., Annisa Dewantari Nasution, N., Yumarni, V., & Kausari, D. (2023). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini pada Suku Anak Dalam di Desa Muaro Tabir. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 799–807. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.349
Hernandez, M., & Cavanagh, S. (2020). The Impostance of Parental Involment in Reading. Literacy Research Journal.
Marisa, C., & Ratnasari, D. (2021). Penguatan minat literasi melalui layanan informasi pada taman baca masyarakat. ROSYADA: Islamic Guidance and Counseling, 1(1), 59–71. https://doi.org/10.21154/rosyada.v1i1.2416
Mulyani, D., Intem, D. N., & Aziz, H. (2022). Bercerita Seraya Berkarya untuk Menumbuhkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6450–6461. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2976
Ni’matuthoyyibah, N., Novitasari, S., & Salamah, U. (2022). Program Pojok Baca Untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini Di TK Tunas Harapan Desa Dahor Grabagan Tuban. Alzam: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 33–40. https://doi.org/10.51675/alzam.v2i2.291
Setiawati, E., & Novitasari, K. (2019). Penguatan Literasi Sosial Anak Usia Dini Pada Siswa Sekolah Paud Sejenis (Sps) Wortel Di Bantulkarang, Ringinharjo, Bantul, Kabupaten Bantul. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(1), 35–48. https://doi.org/10.31316/jbm.v1i1.237
Refbacks
- There are currently no refbacks.