Pelatihan dan Penyuluhan Optimalisasi Budidaya Ikan Gurami dan Patin Guna Memaksimalkan Keuntungan pada Warga Desa Tebel Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo

Mochammad Singgih, Afrigh Fajar Rosyidiin, Sigit Ananda Murwato, Istantyo Yuwono

Abstract

Cara budidaya ikan yang baik adalah dengan memelihara, membesarkan, memanen dan memasarkan hasilnya dengan optimal. Budidaya dalam lingkungan yang terkontrol shg memberikan jaminan keamanan pangan dari pembudidayaan dengan memperhatikan sanitasi, obat ikan,pakan dan bahan kimia serta luas kolam. Pelatihan budidaya ikan yang baik bertujuan agar masyarakat pembudidaya ikan di Desa Tebel Gedangan Sidoarjo dapat memanajemeni budidaya ikan dengan baik, khususnya budidaya ikan gurami dan Patin dengan cara terkontrol dengan memperhatikan hasil yang seoptimal mungkin. Metode yang digunakan adalah pelatihan,   penyuluhan dan praktek langsung. Pelatihan penyuluhan tentang cara budidaya ikan gurami dan Patin yang baik ini sangat bermanfaat bagi peternak pembudidaya ikan gurami dan patin untuk menentukan jumlah budidaya masing masing ikan yang tepat optimal sehingga mampu diraih keuntungan atau pendapatan yang paling maksimal. Ini sesuai dengan tujuan usaha budidaya yaitu menghasilkan hasil yang maksimal dengan menggunakan sumberdaya yang ada. Pelatihan dan penyuluhan yang telah dilakukan sangat menarik perhatian Masyarakat, hal ini terbukti dari semangat warga yang cukup antusias dalam mengikuti sosialisasi mulai dari awal sampai akhir.

References

KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan). (2007). Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor KEP.02/MEN/2007 tentang Cara Budidaya Ikan yang Baik.

KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan). (2014). Perikanan Budidaya Indonesia. Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya.

Manik, R. R. D. S. (2020). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung

Riyanto, S., Padang. W.I., & Peni. (2010). Tabloid Agrina. Vol. 5, No.122.

Slembrouck, J., Komarudin, O. Maskur, Legendre, M., 2005. Petunjuk Teknis Pembenihan Ikan Patin di Indonesia, Pangasius djambal. Departemen Kelautan dan Perikanan dan IRD Perancis. Jakarta.

Sutarjo, G. A., & Samsundari, S. (2018). Peningkatan produksi budidaya ikan air tawar melalui penerapan manajemen kualitas air dan pembuatan pakan ikan mandiri di kelompok pembudidaya ikan “sumber rejeki” dan “cinta alam” kecamatan bungatan kabupaten situbondo. Jurnal Dedikasi, 15(1), 1-4.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.