Analisis Penerapan Frame Work IDEAS Menggunakan Parameter PEI Guna Menentukan Rancangan Posisi Kerja Operator di CV. Nipson Industrial Coating

Arnas Rizkia Hidayat, Ni Luh Putu Hariastuti

Abstract

Kinerja dari operator atau pekerja pada dasarnya mempengaruhi tingkat keoptimalan suatu pekerjaan.Seperti kondisi kerja, tempat kerja, dan postur kerja  yang menjadi faktor utama untuk melakukan suatu pekerjaan. Kenyamanan dan keselamatan kerja pada dasarnya akan dipengaruhi oleh faktor-faktor tersebut. Tingkat keamanan dan kenyamanan pekerja yang buruk salah satunya akan mengakibatkan musculoskeletal disordes (MSDs) berupa cidera otot urat syaraf, urat daging, tulang, persendian tulang, tulang rawan yang disebabkan oleh aktivitas kerja.Untuk menganalisis postur kerja adalah dengan menggunakan konsep ergonomi, metode yang digunakan dalam analisa ini adalah Framework IDEAS (Identify, Design, Evaluate, Adapt,Sustain) metode ini berisikan langkah-langkah dari awal sampai akhir bagaimana mengidentifikasi masalah antara pekerja dengan lingkungan kerjanya lalu dibuat pemecahan masalahnya. Dalam hal ini digunakan softwareJack 8.2 untuk menganalisis postur kerja yang ada dengan parameter PEI (Posture Evaluation Index). CV. Nipson Industrial Coating memiliki penilaian terhadap kenyamanan dan keselamatan operator dalam bekerja di ruang produksi CV. Nipson Industrial Coating, semua operator yang ada di ruang produksi pasti memiliki potensi bahaya dalam beraktivitas, dimana semakin besar nilai PEI (Posture Evaluation Index) maka akan semakin besar potensi bahayanya.

Kata Kunci : Ergonomi, Frame Work IDEAS, PEI

Full Text:

PDF

References

D. F. Pringgabaya and H. Prastawa, “Perancangan Fasilitas Kerja Ergonomis Dengan Menggunakan Metode IDEAS,” Progr. Stud. Tek. Ind. Fak. Tek. Univ. Diponegoro Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indones. 50275, vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2017.

Sutalaksana, “Teknik Perancangan Siste:n Kerja,” Edisi Kedu., Bandung: ITB, Bandung, 2006.

E. Nurmianto, Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya, 2008.

B. Tarwaka, S. H. Sudiajeng, and Lilik, Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. Surakarta: UNIBA Press, 2004.

D. Pramestari, “METODE OVAKO WORK POSTURE ANALYSIS SYSTEM ( OWAS ) Diah Pramestari,” vol. 1, no. 2, pp. 22–29, 2017.

R. Purwaningsih, D. A. P., and N. Susanto, “Desain Stasiun Kerja Dan Postur Kerja Dengan Menggunakan Analisis Biomekanik Untuk Mengurangi Beban Statis Dan Keluhan Pada Otot,” [email protected] Undip J. Tek. Ind., vol. 12, no. 1, p. 15, 2018.

dan L. A. Erlinda Muslim, Boy Nurtjahyo, Zulkarnain, “ANALISIS ERGONOMI SEPEDA UI DENGAN METODE POSTURE EVALUATION INDEX DALAM VIRTUAL ENVIRONMENT No Title,” vol. 14, pp. 47–52, 2010.

S. Rinawati, “Analisis Risiko Postur Kerja Pada Pekerja Di Bagian Pemilahan Dan Penimbangan Linen Kotor Rs. X,” J. Ind. Hyg. Occup. Heal., vol. 1, no. 1, p. 39, 2016.

Sutrio and Oktri Mohammad Firdaus, “Analisis Pengukuran RULA dan REBA Petugas pada Pengangkatan Barang di Gudang dengan Menggunakan Software Ergolntelligence (Studi kasus: Petugas Pembawa Barang di Toko Dewi Bandung),” 2011.

B. N. Moch, E. Muslim, A. Hidayatno, and N. Yogamaya, “Analisis Ketinggian Meja Kerja Yang Ideal Terhadap Postur Pekerja Divisi Cutting Industri Garmen dengan Posture Evaluation Index ( PEI ) Pada Virtual Environment,” no. November, pp. 978–979, 2009.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.